Alasan Tiongkok Haramkan Huruf "N" dan Winnie The Pooh

Xi Jinping diindikasi mengincar jabatan seumur hidup.

Shanghai, IDN Times - Dalam beberapa hari terakhir muncul pemberitaan bahwa pemerintah komunis Tiongkok melarang warga untuk menggunakan huruf "N" dalam berbagai percakapan. Kemudian, pemerintah juga mengharamkan karakter Winnie The Pooh yang lucu.

1. Huruf "N" diasosiasikan dengan lamanya Xi Jinping menjabat

Alasan Tiongkok Haramkan Huruf N dan Winnie The PoohAFP/Greg Baker

Seperti dilaporkan The New York Times, seorang profesor dari University of Pennsylvania, Victor Mair, menduga alasan dilarangnya penggunaan huruf "N" adalah karena warga menghubungkannya dengan Xi Jinping.

Mair mengatakan publik, termasuk kalangan akademisi yang menentang Xi, menggunakan "N" untuk merujuk kepada jumlah periode jabatan Xi. Misalnya, N>2. Namun, kabarnya pemerintah sudah mencabut larangan tersebut dan huruf "N" bisa dipakai kembali.

Baca juga: Musik Hip-hop Jadi Musuh Baru Pemerintah Tiongkok

2. Xi Jinping diyakini berambisi meraih kekuasaan tanpa batas

Alasan Tiongkok Haramkan Huruf N dan Winnie The PoohANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee

Penyensoran huruf "N" dianggap sebagai langkah berlebihan oleh mereka yang mengkritik Xi. Mereka mengingatkan bahwa Xi sedang mengincar kekuasaan seumur hidup dan itu berbahaya bagi negara. Li Datong, mantan jurnalis, menyebarkan surat terbuka yang isinya menghimbau Partai Komunis untuk menghentikan Xi.

Jika tidak, Tiongkok bisa "sekali lagi menanamkan bibit kekacauan di Tiongkok dan menyebabkan kehancuran yang tak dibicarakan". Li berargumen bahwa sistem yang selama ini sudah stabil. Apabila Xi diizinkan berkuasa tanpa batas, Tiongkok akan kembali ke era Mao Zedong yang sarat akan kerusuhan dan tidak stabil.

3. Winnie The Pooh juga disensor oleh pemerintah

Alasan Tiongkok Haramkan Huruf N dan Winnie The PoohAFP

Warganet di Tiongkok pernah memopulerkan meme Winnie The Pooh yang disamakan dengan Xi Jinping. Di salah satu meme yang beredar, gambar Winnie The Pooh dan Tiger diletakkan bersebelahan dengan foto Xi dan Obama. 

Menurut kabar yang beredar, pemblokiran terhadap Winnie The Pooh adalah upaya untuk membungkam siapapun yang berusaha mengolok-olok pemimpin negara. Pasalnya, Presiden Tiongkok selalu ingin dicitrakan sebagai individu yang serius, tak punya selera humor dan tak pernah melakukan kesalahan, sehingga meme dianggap kontra-produktif.

Baca Juga: Jadi Bahan Meme, Pemerintah Tiongkok Blokir Winnie The Pooh

Topik:

Berita Terkini Lainnya