5 Gajah di India Tertabrak Kereta Hingga Mati

Habitat alami mereka dirusak untuk dijadikan perkebunan penduduk.

New Delhi, IDN Times - Sebuah kereta api menabrak dan membunuh lima gajah ketika melintas di rel di sebuah perkebunan di India pada Minggu (10/12). Pejabat Departemen Kehutanan yang mengelola perkebunan tersebut mengatakan selama ini jarang ada gajah yang lewat di sekitar area itu.

Otoritas pengelola rel kereta sudah mengingatkan adanya gerombolan gajah.

5 Gajah di India Tertabrak Kereta Hingga MatiGautam Arora via Unsplash

Vikas Brahma, kepada Departemen Kehutanan setempat, menyebut bahwa salah satu dari lima gajah yang tertabrak dan mati sebenarnya sedang hamil. Kelimanya merupakan bagian dari sekelompok besar gajah yang berkeliaran di sekitar perkebunan yang merupakan habitat liar terbesar dari spesies itu di India.

Hanya saja, sebelum kejadian, Brahma mengaku ia dan rekan-rekannya tak menyadari ada segerombolan gajah di dekat tempat mereka. "Lima gajah itu mati di tempat. Bayi gajah yang mati dalam kandungan kemudian diambil dari tubuh induknya," kata Brahma.

Sementara itu, juru bicara pengelola rel berkata kepada Indian Express bahwa pihaknya sudah mengeluarkan peringatan tentang adanya gerombolan gajah yang lewat di area itu. Tujuannya adalah agar kecelakaan tak terjadi. Namun, ia berujar bahwa tak ada batasan kecepatan yang ditetapkan pada Minggu itu. Menurutnya, itu karena area rel tak didesain untuk jadi jalur migrasi para gajah.

Baca Juga: Menang Penghargaan, Kisah di Balik Foto Ini Bikin Sedih

Gajah di India semakin jadi "musuh" manusia.

5 Gajah di India Tertabrak Kereta Hingga MatiChris Rhoads via Unsplash

Hutan-hutan lebat yang sebelumnya jadi habitat alami para gajah kini satu per satu menjadi sasaran deforestasi. Tempat mereka tinggal dan mencari makan itu dipaksakan untuk diubah menjadi kawasan perkebunan. Alhasil, tak sedikit gajah yang masuk ke area perkebunan atau perumahan penduduk untuk bertahan hidup. Seringkali ini melahirkan konflik dengan manusia.

Menurut Brahma, sudah ada 60 gajah yang mati tahun ini di lokasi perkebunan tersebut. Padahal, area itu menjadi yang terpadat dengan lebih dari 5.600 ekor gajar yang berlindung di sana. Beberapa ekor gajah mati karena terkena sengatan listrik yang dipasang petani di pagar mereka.

Baca juga: Digigit Hiu, Pria Ini Pilih Bergelut dan Meninju Balik

Topik:

Berita Terkini Lainnya