Untuk Ketiga Kalinya, Pasar Petasan di Meksiko Terbakar Hebat

Untuk ketiga kalinya dalam satu dekade

Ledakan hebat terjadi di sebuah pasar kembang api San Pablito, 32 kilometer di luar Mexico City, Meksiko. Akibat peristiwa ini, sebanyak 29 orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Untuk Ketiga Kalinya, Pasar Petasan di Meksiko Terbakar HebatGetty Images via Daily Mail

Dikutip Voanews.com, (21/12), ledakan itu merupakan yang ketiga kalinya terjadi di pasar kembang api populer di Meksiko, San Pablito, di Tultepec hanya dalam satu dekade. Ini menunjukan bahwa para penduduk setempat kurang belajar dari pengalaman sebelumnya. Kepala Dinas Layanan Darurat Tultepec, Isidro Sanchez mengatakan korban tewas kebanyakan berasal dari petugas penyelamat yang mencoba memeriksa lokasi kejadian.

Rekaman video ledakan di Meksiko.

Penyebab ledakan hingga saat ini masih belum diketahui. Gubernur setempat, Eruviel Avila mengatakan bahwa prioritas utama adalah untuk merawat para korban yang terluka. Dia juga memerintahkan pejabat setempat untuk memantau situasi di lapangan.

Untuk Ketiga Kalinya, Pasar Petasan di Meksiko Terbakar HebatGetty Images via Daily Mail

Baca Juga: Dua Wisatawan Asing yang Curi Sepeda Diarak di Gili Trawangan, Koruptor Kapan?

Sisa ledakan seperti kios-kios pasar yang hancur dan bangunan bata gosong akibat panas terlihat di jalanan. Menurut kesaksian penduduk setempat, Alejandra Pretel, dia menyangka asal ledakan tersebut bermula dari pabrik pembuat kembang api. Dia juga merasakan sekitarnya bergetar saat ledakan terjadi. Dia pun langsung berlari menyelamatkan diri.

Kejadian serupa sebelumnya pernah terjadi.

Untuk Ketiga Kalinya, Pasar Petasan di Meksiko Terbakar HebatAP via Daily Mail

Pasar San Pablito ini sebelumnya pernah rusak berat akibat kebakaran serupa pada September 2005. Saat itu ledakan yang terjadi sebelum perayaan hari kemerdekaan negara itu melukai puluhan orang. Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto mengucapkan dukacita yang mendalam pada para keluarga korban.

Untuk Ketiga Kalinya, Pasar Petasan di Meksiko Terbakar HebatAP via Daily Mail

Presiden berharap mereka yang terluka supaya bisa segera pulih. Dia juga menyampaikan, anggota pasukan pertahanan dikerahkan untuk menangani situasi darurat.

Baca Juga: Gimana Sih Caranya Pilih Agen Umroh yang Terpercaya?

Topik:

Berita Terkini Lainnya