Unik, Warga Dubai Rayakan Ramadan dengan "Berbagi Kulkas"

Semua orang boleh mengisi dan mengambil

Ada banyak cara unik yang dilakukan untuk berbagi untuk berbagi di bulan Ramadan, salah satunya dilakukan oleh warga Dubai, Uni Emirat Arab. Di bulan yang suci ini mereka merayakannya dengan "berbagi kulkas”. Penduduk lokal percaya bahwa pemberian datang bukan hanya dalam bentuk uang tunai saja, tapi juga bisa dalam bentuk nutrisi.

Unik, Warga Dubai Rayakan Ramadan dengan Berbagi Kulkaswhatson.ae

Mengutip dari Arab News,  sejumlah orang di negara tersebut dengan sengaja menaruh kulkas atau lemari es mereka di luar rumah. Kemudian, mereka mengisi kulkas yang ditempatkannya di luar rumah tersebut dengan makanan dan minuman untuk orang yang hendak berbuka.

Unik, Warga Dubai Rayakan Ramadan dengan Berbagi Kulkasarabnews.com

Anne Mulcahy, penduduk lokal yang berprofesi sebagai manajer komunikasi salah satu perusahaan nirlaba, mengatakan bahwa budaya ini telah terjadi selama bertahun-tahun lamanya. Bahkan, tahun 2016 lalu, sebanyak 170 lemari es penuh dengan makanan dan minuman lezat ditaruh di luar rumah. Tujuannya agar orang yang lewat bisa berbuka dengan makanan yang lezat. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Bahkan, mereka membuat grup Facebook untuk menginspirasi orang-orang lain.

Unik, Warga Dubai Rayakan Ramadan dengan Berbagi Kulkaswhatson.ae

Summayyah Sayed, salah satu warga yang melakukan aksi ini bahkan membuat grup Facebook yang berisikan unggahan berbagi dengan cara yang unik ini. Mereka berharap Facebook ini bisa menarik lebih banyak orang untuk melakukan hal yang sama.

Unik, Warga Dubai Rayakan Ramadan dengan Berbagi Kulkasarabnews.com

Anggota grup tersebut juga bisa turut serta menyumbangkan makanan, minuman atau menyiapkan lemari es di lingkungan mereka. Dalam waktu singkat, kelompok tersebut kini telah memiliki lebih dari 27.000 anggota. Mulcahy juga mengaku telah membuat peta yang ditandai dengan ikon khusus supaya orang-orang bisa dengan mudah menemukan lemari es tersebut.

Baca Juga: Ngikik! Meme Lucu Saat Ramadhan Ini Pasti Bikin Puasa Kamu Makin Ceria. 

Siapapun bisa mengisi atau mengambil apa yang ada di dalamnya.

Unik, Warga Dubai Rayakan Ramadan dengan Berbagi Kulkaswhatson.ae

“Lemari es amal” ini membebaskan kepada siapapun untuk mengisinya dengan makanan ataupun minuman. Namun, mereka juga membebaskan kepada siapapun untuk mengambil isi apapun yang ada di dalamnya. Isi kulkas itu pun beragam, mulai dari air, jus, buah dan sayuran, kacang-kacangan, kurma, biskuit, keripik serta makanan kemasan dan kaleng. Sandwich buatan sendiri juga tersedia.

Unik, Warga Dubai Rayakan Ramadan dengan Berbagi Kulkasarabnews.com

Namun, warga dilarang untuk memasukan makanan sisa atau makanan panas ke dalamnya.  Lemari pendingin ini bisa dipasang di luar rumah atau gedung perkantoran, tempat para sukarelawan bisa mengumpulkannya secara kolektif.

Lemari es ini diklaim bisa memberi makan setidaknya 100 orang dalam sehari. Tidak ada kategori orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan makanan, karena orang-orang dari berbagai negara, agama, ras dan karir bisa mengambil makanan ringan didalamnya secara gratis.

Namun, budaya lemari es amal ini hanya berlaku pada bulan Ramadan. Intinya adalah supaya menjaga komitmen agar budaya ini tetap lestari selama bulan Ramadhan.

Berikut video lengkap indahnya berbagi dengan “lemari es amal”:

Baca Juga: Kebiasaan di Bulan Ramadhan: Ekspektasi dan Realitanya!

Topik:

Berita Terkini Lainnya