Twitter Hari Ini: Dulu Dipuja, Sekarang Ditinggal Pengguna

Dengan jumlah pengguna yang hanya 300 juta saja, apakah kita sedang menyaksikan akhir dari Twitter?

Kini, Twitter sedang diterpa badai hebat. Bisnis jejaring sosial yang didirikan oleh Jack Dorsey ini dikabarkan tengah mengalami masa-masa yang sulit. Harga per lembar saham Twitter pada penutupan perdagangan di New York sempat anjlok mmencapai 5,8 persen dan menjadi 26 dolar AS. Kendati demikian, Twitter saat ini masih berusaha untuk tetap bertahan dari musim "paceklik" yang mereka alami.

Twitter Hari Ini: Dulu Dipuja, Sekarang Ditinggal PenggunaSumber Gambar: voanews.com

Pasalnya, salah satu kesulitan yang mereka alami saat ini adalah menambah jumlah pengguna Twitter. Sementara ini total pengguna layanan mereka masih berkisar pada angka 300 juta orang saja. Dan mereka harus berupaya keras untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Para karyawan Twitter juga nampak ketar-ketir karena perusahaan akan melakukan PHK. Diperkirakan PHK akan menimpa pada setidaknya 336 pegawai. Itu artinya mereka akan memecat delapan persen dari total pegawai Twitter yang ada di dunia.

Twitter Hari Ini: Dulu Dipuja, Sekarang Ditinggal PenggunaSumber Gambar: soloupdate.com

Pihak Twitter mengatakan bahwa efisiensi tenaga kerja harus dilakukan dalam rangka mengatur organisasi perusahaan. Twitter mesti mengeluarkan biaya restrukturisasi antara 10 hingga 20 juta dolar AS atau sekitar 13,5 miliar hingga 27,1 miliar rupiah. Pengeluaran tersebut nantinya akan dipakai untuk biaya pesangon pegawai yang di-PHK.

Baca Juga: Ngerti Kok, Pasti 11 Alasan Ini yang Membuat Kamu Jarang Update Status di Media Sosial. Ya Kan?

Seakan menabur garam pada luka, lima eksekutif Twitter mengundurkan diri.

Twitter Hari Ini: Dulu Dipuja, Sekarang Ditinggal PenggunaSumber Gambar: ganlob.com

Lima eksekutif yang terdiri atas Alex Roetter (Vice President of Engineering), Skip Schipper (Vice President of Human resources), Katie Stanton (Vice President of Media), Kevin Weil (Vice President of Product), dan Jason Toff (General Manager Vine) mengundurkan diri awal minggu ini.

Para investor dan petinggi Twitter rencananya akan melakukan pertemuan pada minggu ini di San Francisco, Amerika Serikat. Mereka akan membahas mengenai masa depan Twitter yang saat ini sedang "paceklik".

Twitter Hari Ini: Dulu Dipuja, Sekarang Ditinggal PenggunaSumber gambar: mashable.com

Kabar baiknya, CEO Twitter Jack Dorsey secara resmi juga mengumumkan Chief Marketing Officer (CMO) baru di jajaran petinggi perusahaan penyedia layanan microblogging itu. Leslie Berland yang sebelumnya bekerja sebagai Executive Vice President American Express kini menempati posisi tersebut.

Sebelumnya memang sudah ada rumor yang mengatakan bahwa CMO Twitter adalah eksekutif wanita yang berasal dari perusahaan besar. Pengumuman Berland sebagai CMO baru Twitter ini tentu saja membawa angin segar. Berland hadir di saat beberapa eksekutif Twitter hengkang. Dorsey juga mengumumkan kehadiran Berland melalui akun Twitter pribadinya.

Baca Juga: Ketika Pendapat di Media Sosial Dijadikan Sebuah Kebenaran

Topik:

Berita Terkini Lainnya