Perlihatkan Adegan Menginjak Alquran, Film Fireman Sam Dikecam Banyak Pihak!

Terlihat surat ke-67 dalam Alquran

Acara program anak-anak populer berjudul Fireman Sam mendapat kecaman dari berbagai pihak karena diduga mengandung unsur Islamophobia setelah satu karakter pemadam kebakaran terlihat menginjak halaman Alquran di sebuah episode.

Dilansir BBC.com, Channel 5 kini sudah menarik episode tersebut dari peredaran. Juru bicara HIT Entertainment secara resmi menyatakan permintaan maaf atas insiden yang telah menimbulkan kesalahpahaman itu. Episode yang mengandung unsur islamophona tersebut berjudul Troubled Waters. Acara tersebut pertama kali disiarkan pada Oktober 2015. Dalam episode ini, Elvis si pemadam kebakaran menginjak tumpukan kertas yang kemudian terbang ke udara dan terlihat sebagai robekan halaman kitab suci umat Islam.

Perlihatkan Adegan Menginjak Alquran, Film Fireman Sam Dikecam Banyak Pihak!flipboard.com

Baca Juga: Ahok Minta Para Guru Tak Paksa Murid Pakai Jilbab, Mending Ajarin Baca Al-Quran.

HIT Entertainment mengatakan tidak akan menjalin kerjasama lagi dengan studio animasi yang bertanggung jawab atas episode itu.

Juru bicara HIT menyesali adanya kesalahan ini. Mereka pun memohon maaf atas segala kesulitan yang disebabkan oleh insiden ini. Perusahaan di balik lucunya aksi karakter Pingu, Thomas and Tank Engine, dan Bob the Builder ini juga telah menghapus episode tersebut dari situs streaming.

Perlihatkan Adegan Menginjak Alquran, Film Fireman Sam Dikecam Banyak Pihak!twitter.com/doammuslims

Selain itu, HIT Entertainment juga berjanji akan selalu melakukan peninjauan ulang setiap episode Fireman Sam agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Kesalahan ini sebenarnya sudah lama terjadi.

Perlihatkan Adegan Menginjak Alquran, Film Fireman Sam Dikecam Banyak Pihak!twitter.com/doammuslims

Sebuah episode film anak-anak Fireman Sam dimana salah satu tokoh sepertinya menginjak sebuah halaman dari Alquran tersebut baru mendapatkan perhatian akhir-akhir ini. Mattel, perusahaan yang memproduksi film ini telah meminta maaf dan mengatakan tidak meyakini hal ini dilakukan dengan maksud jahat.

Miqdaad Versi, asisten sekretaris jenderal Dewan Muslim Inggris mengatakan tidak habis pikir apa yang ada di pikiran produsernya saat mereka berpikir ini ide bagus. Dia juga mengatakan dirinya telah mengidentifikasi halaman Alquran tersebut sebagai Surat Mulk ayat 13-26.

Ayat Alur’an yang berisikan hukuman terhadap manusia yang tidak beriman.

Perlihatkan Adegan Menginjak Alquran, Film Fireman Sam Dikecam Banyak Pihak!kisahdunia.com

Miqdaad mengatakan bahwa sehelai Alquran itu berisi Surat ke-67 (Surah Al-Mulk) ayat 13 - 26 yang ada dalam film ini ternyata memiliki arti yang dalam, yaitu tentang asal-usul alam semesta dan hukuman-hukuman yang dijatuhkan terhadap manusia yang tidak beriman.

Kini penayangan episode film tersebut telah ditarik dan pembuatnya telah melayangkan permintaan maaf.

Baca Juga: 6 Tips Khatam Al-Quran Biar Ramadan Kamu Makin Bermakna.

Topik:

Berita Terkini Lainnya