Penyelamat Desa, Pria Ini Temukan Sumber Air Setelah 27 Tahun Menggali

Keajaiban bisa terjadi bagi siapapun yang memiliki mimpi.

Selama bertahun-tahun, Desa Saja Pahad di distrik Koriya Chhattisgarh, India mengalami masalah kekurangan air. Penduduk di desa tersebut merasa sulit untuk memuaskan dahaga keluarga maupun ternak mereka. Namun, mereka tidak tahu harus berbuat apa. Sementara, pemerintah setempat juga tidak melakukan apapun untuk mengatasi masa sulit ini.

Penyelamat Desa, Pria Ini Temukan Sumber Air Setelah 27 Tahun Menggalihindustantimes.com

Dari sinilah seorang pria bernama Shyam Lal memutuskan untuk mengambil sekopnya dan menggali tanah. Tujuannya adalah untuk mencari sumber mata air. Awalnya, semua penduduk desa menertawakannya. Tapi remaja itu tetap gigih dengan keyakinannya. Menurut pemberitaan Hindustantimes.com, Lal terus mengidentifikasi sejumlah tempat di hutan dan terus menggali selama 27 tahun.

Akhirnya keajaiban pun terjadi.

Penyelamat Desa, Pria Ini Temukan Sumber Air Setelah 27 Tahun Menggalifinancialexpress.com

Usahanya ini akhirnya membuahkan hasil. Lal berhasil menciptakan sebuah kolam di area gunung Bihar. Kolam air yang kemudian diberi nama Dashrath Manjhi ini memiliki kedalaman 15 kaki. Selain menjadi sumber mata air, kolam tersebut juga diyakini memiliki manfaat sebagai obat mujarab kehidupan.

Pria yang telah menggali sejak berusia 15 tahun ini mengklaim tidak ada yang membantunya dalam melakukan pekerjaannya itu. Siapapun tak ada yang membantu, baik itu pihak administrasi maupun penduduk desa. Pria yang kini berumur 42 tahun itu dengan bangga mengatakan bahwa dia melakukannya untuk kesejahteraan masyarakat dan ternak di desanya. Dari sinilah penduduk desa setempat menjulukinya sebagai pahlawan penyelamat kekeringan.

Baca juga: Mengharukan, Pria Ini Terobos Badai Demi Selamatkan Anjing.

Perlahan tapi pasti, bantuan berdatangan.

Penyelamat Desa, Pria Ini Temukan Sumber Air Setelah 27 Tahun Menggalihindustantimes.com

Ramsaran Bargar (70), seorang penduduk lokal yang menyaksikan kerja keras Shyam selama bertahun-tahun menceritakan bahwa kolam tersebut kini digunakan oleh semua orang dan mereka semua bersyukur atas keajaiban ini. Desa Saja Pahad adalah desa yang terletak di dekat sebuah bukit kecil di wilayah Chirimiri. Desa ini masih belum memiliki konektivitas jalan raya atau listrik. Satu-satunya sumber air untuk penduduk desa tersebut hanyalah beberapa sumur yang dibuat oleh warga setempat. .

Aksi heroik yang dilakukan sejumlah warga di Saja Pahad menggerakan hati Shyam Bihari Jaiswal, Perwakilan dari Konstituen Mahendargarh, untuk mengunjungi desa tersebut dan memberikan hadiah sebesar Rs 10.000 (Rp 2 juta) kepada Shyam atas usahanya.

Bantuan juga datang dari Bangsawan Koriya, Narendra Duggal yang berjanji akan mendukung Lal dalam mengatasi masalah perairan di desa tersebut. Apa yang dilakukan oleh Lal sangatlah luar biasa. Pasalnya, situasi kekeringan hebat tengah melanda desanya tahun ini. Curah hujan di wilayah tersebut juga amat pendek, yakni hanya 10 persen per 10 tahun.

Baca juga: Demi Sapi Kurban Jokowi, Pria Ini Rela Tidur di Kandang.

Topik:

Berita Terkini Lainnya