Pemerintah Nyatakan 247 Orang Tewas dalam Bencana Gempa Italia

Dunia berduka...

Jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat yang melanda Italia terus meningkat. Hingga saat ini, setidaknya 247 orang tewas dalam gempa yang menghancurkan wilayah Italia tengah itu. Gempa dengan kekuatan 6,2 skala richter melanda wilayah Lazio, Umbria dan Le Marche pada Rabu (24/8) dini hari. Pemerintah Italia menegaskan bahwa korba tewas akibat bencara telah meningkat dari 159 menjadi 247 jiwa.

Dilansir Kompas.com­­, bencana terparah terjadi di kota Amatrice, dimana warga terpaksa berlindung dari batu dan logam di lapangan. Tim penyelamat dan relawan dari seluruh Italia telah diterbangkan ke lokasi bencana. Mereka menggunakan buldoser dan kerap dengan tangan telanjang mencari dan menarik para korban dari reruntuhan.

Pemerintah Nyatakan 247 Orang Tewas dalam Bencana Gempa Italiabbc.com

Baca Juga: Pasca Gempa Ekuador, Indonesia Patut Waspada. Ini Sebabnya!

Tim penyelamat terus bergerak cepat menyelamatkan para korban. Terakhir, mereka berhasil menyelamatkan seorang bocah perempuan berusia 10 tahun yang telah terkubur selama 17 jam di bawah reruntuhan bangunan di kota Pescara del Tronto.

Lebih dari 4.300 relawan ikut membantu proses penyelamatan.

Pemerintah Nyatakan 247 Orang Tewas dalam Bencana Gempa Italiabbc.com

Lebih dari 4.300 relawan yang ikut membantu proses penyelamatan menggunakan alat berat untuk mengangkat puing-puing bangunan yang masih bertumpuk dan menemukan orang-orang yang terkubur di bawahnya.

Berdasarkan penuturan Menteri Kesehatan Italia, korban kebanyakan berasal dari kalangan anak-anak. Di antara yang menjadi korban, ada seorang bayi bernama Marisol Piermarini yang baru berumur 18 bulan.

Pemerintah Nyatakan 247 Orang Tewas dalam Bencana Gempa Italiabbc.com

Seorang Ibu bernama Martina Turco yang ternyata merupakan salah satu korban selamat gempa di L’Aquilla pada 2009 lalu sekarang menjadi korban lagi di gempa kali ini. Kini, dia pun masih menjalani perawatan di rumah sakit setelah ditemukan dari bawah puing-puing di daerah Arquata del Tronto.

Sekitar tiga perempat luas kota Amatrice telah mengalami kehancuran. Tim penyelamat masih terus melakukan pencarian korban yang mungkin masih bertahan hidup di balik puing-puing di kawasan Umbria, Lazio, dan Marche.

Gempa bumi adalah bencana yang sering terjadi di Italia.

Pemerintah Nyatakan 247 Orang Tewas dalam Bencana Gempa Italiabbc.com

Gempa bumi merupakan salah satu bencana yang kerap terjadi di Italia, terutama di area pegunungan Apennine. Selama bertahun-tahun, telah banyak korban jiwa yang diakibatkan oleh gempa bumi.

Namun, banyak orang merasa bersyukur atas gempa yang terjadi kemarin. Pasalnya masih ada beberapa bangunan yang kokoh dan yang masih bisa diperbaiki. Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR yang terjadi di Italia bagian tengah adalah proses alami. Gempa ini terjadi saat lempengen bumi bergeser atau menekan lempengen lainnya ke bawah, daerah sekitarnya akan terguncang.

Baca Juga : Gempa 6.2 SR Mengguncang Italia, Banyak Korban Terjebak di Bawah Reruntuhan

Topik:

Berita Terkini Lainnya