Pemerintah Israel Tuduh Palestina Terlibat dalam Tragedi Kebakaran Hebat

Negara-negara Arab protes terhadap tuduhan Israel

Kebakaran hebat terjadi di sebagian besar kota pelabuhan Haifa di utara Israel. Kejadian ini diduga berawal dari kebakaran semak pada Selasa 22 November. Namun karena cuaca kering dan angin kencang, pada Kamis 24 November, api malah semakin menjalar dan membesar. Hingga kini, keadaan masih belum stabil. 

Pemerintah Israel Tuduh Palestina Terlibat dalam Tragedi Kebakaran Hebat Baz Ratner/Reuters via ANTARA FOTO

Dikutip NBC News, (26/11), hutan-hutan di sekitarnya pun hangus, rumah-rumah terbakar, dan ratusan ribu warga terpaksa dievakuasi. Saat ditanya bagaimana dan berapa lama Haifa akan melawan kebakaran hebat ini, Wali Kota Yona Yahav menjawab bahwa pertanyaan itu harusnya ditanyakan kepada Tuhan. Hanya Tuhan yang sanggup memadamkan api ini.

Pemerintah setempat bilang ada indikasi yang disengaja.

Pemerintah Israel Tuduh Palestina Terlibat dalam Tragedi Kebakaran Hebat Baz Ratner/Reuters via ANTARA FOTO

Pemerintah Israel mengatakan, kebakaran menjadi liar dan hebat dipicu juga oleh angin kencang ditambah pula dengan udara yang kering. Namun, mereka menemukan ada indikasi disengaja. Menteri Pendidikan Israel, yang juga pemimpin kelompok garis keras Jewish Home menuduh bahwa ada sekelompok Arab atau Palestina yang terlibat dalam kebakaran hebat itu.

Komentarnya itu membuat marah kelompok Fatah yang dipimpin oleh Mahmoud Abbas. Mereka mengatakan pihak Israel sengaja mengeksploitasi kebakaran untuk menuduh Palestina. Tak hanya Palestina, negara-negara Arab protes terhadap tuduhan Israel bahwa pelaku adalah Palestina. Mereka mengklaim bahwa tanah mereka pun turut terbakar karenanya.

Baca Juga: Putra-Putri Asal Medan Ini Mengharumkan Nama Indonesia di Mata Internasional.

Sekitar 80.000 warga Israel diungsikan akibat kebakaran lahan hebat yang melanda kota terbesar ketiga negeri itu. Kebakaran lahan yang terjadi sejak tiga hari lalu itu juga mengancam rumah-rumah warga di sekitar Jerusalem dan Tepi Barat.

Siapa pelakunya?

Pemerintah Israel Tuduh Palestina Terlibat dalam Tragedi Kebakaran Hebat Ronen Zvulun/Reuters via ANTARA FOTO

Sementara itu, menteri keamanan publik Gilad Erdan mengatakan bahwa delapan orang sudah ditangkap terkait kebakaran lahan ini. Menurut Gilad, setengah dari kebakaran dicurigai akibat kesengajaan dan polisi menemukan alat-alat pembakaran dan cairan bahan bakar yang disiramkan di beberapa tempat.

Lebih dari 130 orang dilarikan ke rumah sakit karena cedera ringan, kebanyakan karena mengisap asap, namun sebagian besar sudah dipulangkan. Ini juga bukan yang pertama kalinya, sebelumnya pada tahun 2010, 42 orang tewas dalam kebakaran di Gunung Carmel, selatan Haifa.

Baca Juga: Pemain Ini Sangat Benci Steven Gerrard Hingga Menyebutnya 'Bukan Siapa-siapa'

Topik:

Berita Terkini Lainnya