Baru 2 Bulan Direkrut, Ketua Tim Kampanye Donald Trump Mengundurkan Diri

Trump membenarkan bahwa dirinya telah menerima pengunduran diri Paul Manafort

Kepala tim kampanye Donald Trump, Paul Manafort, menyatakan pengunduran diri di bawah bayang-bayang investigasi korupsi Ukraina pada hari jumat 19 Agustus 2016 kemarin.

Dilansir The Guardian, kepergian ahli strategi yang pernah menjadi penasihat sejumlah kandidat presiden hingga ke masa Gerald Ford ini menyusul laporan sejumlah media terkait krisis terhadap kampanye Donald Trump.

Baru 2 Bulan Direkrut, Ketua Tim Kampanye Donald Trump Mengundurkan Diriusnews.com

Trump membenarkan bahwa dirinya telah menerima pengunduran diri Paul Manafort. Trump menyatakan terima kasihnya kepada Manafort dan menyebutnya sebagai seorang profesional sejati. Trump merekrut Manafort, yang pernah menjadi penasihat presiden terguling Ukraina Viktor Yanukovych, untuk mengelola konvensi Partai Republik.

Baca Juga: Istri Donald Trump Dianggap Meniru Pidato Kampanye Michelle Obama, Ini Buktinya!

Perekrutan Manafort itu menjadi awal kembalinya pria itu ke kancah politik kelas atas Partai Republik dalam 20 tahun terakhir. Namun Trump dan Manafort sepertinya harus menyesali kerja sama ini.

Baru 2 Bulan Direkrut, Ketua Tim Kampanye Donald Trump Mengundurkan Diritelegraph.com

Manafort mendapatkan pujian karena mampu mengubah Donald Trump, pengusaha yang kerap melempar retorika dan belum pernah duduk di pemerintahan menjadi sosok yang bisa diterima pemilik suara.

Namun, serangkaian kontroversi dan kesalahan besar yang dilakukan miliarder asal New York, termasuk pertengkaran dengan orangtua prajurit AS beragama Islam yang gugur di Irak membuat elektabilitas Trump terus merosot. Menurut jajak pendapat yang digelar Real Clear Politics, kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton kini unggul dengan perolehan suara 47,2 persen dibanding Trump yang hanya 41,2 persen.

Baru dua bulan diangkat, namun Paul Manafort sudah mengudurkan diri.

Baru 2 Bulan Direkrut, Ketua Tim Kampanye Donald Trump Mengundurkan Dirinpr.org

Paul Manafort, ketua tim kampanye kandidat presiden AS dari Partai Republik Donald Trump mengundurkan diri hanya dua bulan setelah diangkat. Dia pertama kali menjabat sebagai pimpinan tim kampanye Trump setelah mantan manajer Corey Lewandowski dipecat pada Juni lalu.

Trump berada dalam tekanan setelah sejumlah kontroversi dan hasil jajak pendapat yang menempatkan dirinya di bawah kandidat presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton.

Baru 2 Bulan Direkrut, Ketua Tim Kampanye Donald Trump Mengundurkan Diritoday.com

Manafort adalah pria berusia 67 tahun yang dikritik karena kedekatannya dengan mantan Presiden Ukraina yang didukung Rusia Viktor Yanukovych. Manafort dituduh mendapatkan dana tunai dari partai politik di Ukraina yang didukung Rusia sebesar 12,7 juta dolar AS atau setara dengan 166 miliar rupiah antara tahun 2007 sampai 2012. Tetapi tuduhan ini dibantahnya dan dia menyatakan tak melakukan kesalahan.

Baca Juga: Kalau Trump Jadi Presiden, Wali Kota London Ini Janji Gak Bakal Mau ke AS.

Topik:

Berita Terkini Lainnya