9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!

Mana yang kamu suka?

Hari Raya Idul Fitri  adalah hari yang mempersatukan seluruh umat Islam di seluruh dunia. Idul Fitri juga merupakan momen akhir dari bulan Ramadan. Banyak jenis makanan khas untuk merayakan Idul Fitri. Masing-masing negara memiliki makanan khasnya sendiri dalam rangka merayakan idul fitri.

Pastinya makanan-makanan khas ini sangat lezat-lezat loh! Apa ajah sih makanannya? Dikutip Theculturetrip.com, (16/6), berikut ini adalah makanan khas lebaran Idul Fitri yang tersaji di seluruh dunia:

1. Inggris: Biryani.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!gr8tandoori.nz

Di Inggris, salah satu hidangan lebaran paling populer adalah biryani. Makanan ini merupakan campuran daging dan nasi dengan sajian yang sangat berbumbu. Tak lupa taburan ayam juga dicampur dalam makanan yang satu ini. Selain itu, ada juga salad dan acar di sampingnya. Hidangan ini merupakan hidangan favorit di Inggris sepanjang tahun saat merayakan lebaran.

2. Indonesia: Lapis Legit.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!tokomesin.com

Lapis legit adalah hidangan yang tetap populer sejak zaman era Belanda sampai sekarang. Makanan ini menjadi salah satu hidangan Idul Fitri yang spesial. Kue ini biasanya disuguhkan kepada tamu yang berkunjung saat bersalam-salaman.

3. Tiongkok: You Xiang.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!thenortheasttoday.com

Tiongkok juga merayakan akhir bulan Ramadan dengan makanan yang khas. Perayaan ini ditandai dengan bersilaturahmi ke sanak saudara dan memakan You Xiang. Makanan berbasis tepung terigu ini disajikan dalam bentuk sederhana dengan sup atau nasi. Tak perlu ritual tertentu untuk memakannya.

4. India, Pakistan, Bangladesh: Khurma Sheer.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!milkmaid.in

Di negara-negara seperti India, Pakistan dan Bangladesh, sangat khas untuk menikmati hidangan krim yang dikenal sebagai khurma sheer. Hidangan ini berupa terbuat dari susu, kacang almond dan kurma kering.

5. Maroko: Laasida dan Tagine.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!daringgourmet.com

Hidangan yang satu ini sangat mirip dengan puding nasi. Di dalamnya terdiri atas mentega, daging, buah kering, madu dan bumbu-bumbuan. Rasanya sangat lezat dan menggugah selera.

6. Palestina, Suriah, Lebanon, Mesir, Irak: Biskuit atau Cookies.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!bettycrocker.com

Bagi negara seperti Palestina, Suriah dan Lebanon, Idul Fitri dirayakan dengan makanan khas lebaran Idul Fitri ini yang berupa biskuit atau Cookies. Camilan ini dibalut dengan taburan kacang pinus atau kacang almond. Ada juga yang menaruh kenari, kurma, maupun madu.

7. Afghanistan: Bolani.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!spillthespices.com

Idul Fitri di Afghanistan adalah perayaan yang berorientasi pada makanan bernama bolani. Makanan ini berbentuk roti lapis yang diisi dengan sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kentang, labu atau lentil.

Baca Juga: Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran? Kasih Aja Jawaban Ini. 

8. Yaman: Aseeda.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!shebayemenifood.com

Aseeda adalah makanan yang dibuat dari gandum dan madu. Makanan ini secara teratur dinikmati saat perayaan Idul Fitri. Makanan ini biasanya disajikan saat panas mendidih.

9. Russia: Manti.

9 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri dari Seluruh Dunia, Lezat Nih!fotostrasse.com

Rusia adalah negara lain yang menandai Idul Fitri dengan beberapa hidangan lezat. Mereka biasanya merayakan lebaran dengan memasak Manti. Manti adalah pangsit yang mengandung daging domba. Bumbu rahasia yang ada di dalamnya membuat setiap gigitan dari makanan ini bikin ketagihan.

Itulah makanan-makanan khas lebaran Idul Fitri dari seluruh dunia yang membuat kamu ketagihan mencobanya. Kira-kira dari makanan di atas, mana nih yang kamu suka? Silahkan tuliskan komentarmu dibawah ini ya!

Baca Juga: 10 Gaya Syahrini yang Bakal Laris Diikuti Netizen Pas Lebaran. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya