Lewat Medsos, Seorang Mertua Ditipu Menantunya

Korban ditipu hampir Rp 1 miliar.

Ini pelajaran buat kita semua supaya berhati-hati saat berkenalan dengan orang tak dikenal di sosial media. Pasalnya, seorang wanita di Tiongkok timur ditipu hingga mencapai ratusan ribu yuan oleh seorang pria yang dikenalnya melalui dunia online. Uniknya, pria yang menipunya tersebut tak lain dan tak bukan adalah menantunya sendiri.

Lewat Medsos, Seorang Mertua Ditipu Menantunyascmp.com

Dikutip South China Morning Post, (10/5), Wanita dari Yangzhou di provinsi Jiangsu itu suatu hari didekati oleh seorang pria yang dia temui di sebuah website. Pria tersebut sukses mengelabui si wanita agar memberikannya uang lebih dari 600.000 yuan atau nyaris mencapai Rp 1 miliar selama sembilan bulan perkenalan mereka.

Bagaimana itu semua bisa terjadi?

Lewat Medsos, Seorang Mertua Ditipu Menantunyascmp.com

Korban yang namanya tidak mau disebutkan tersebut awalnya percaya bahwa pria yang dikenalnya di dunia maya ini merupakan seorang pengusaha berusia 56 tahun dari Guangzhou bernama Zhou Cheng. Namun, pria itu ternyata adalah menantu laki-lakinya sendiri yang ternyata berniat buruk untuk mencurangi kerabatnya.

Pria itu, kini telah ditangkap dan sedang menunggu berkas dari jaksa penuntut umum untuk diadili di pengadilan. Penipuan tersebut terus dilakukan selama berhubungan secara online dengan si wanita selama berbulan-bulan lamanya.

Si pria saat itu mengaku memiliki masalah dalam pernikahannya dan ingin bercerai. Tapi dalam proses mendapatkan surat perceraian tersebut, dia mengklaim bahwa asetnya membeku dan dia memerlukan 10.000 yuan untuk biaya hukum.

Selain itu, dia juga mengaku membutuhkan 200.000 yuan lagi untuk mentransfer aset perusahaannya menjadi uang tunai. Pria ini meminta kepada si wanita untuk mentransfer uang itu kepadanya. Dengan bujuk rayu yang meyakinkan, akhirnya si wanita itu mau menyerahkan lebih dari 600.000 yuan kepada si pria.

Baca Juga: 15 Reply SMS Penipuan yang Bikin Ngakak!

Ini bukan kali pertama istrinya tertipu.

Lewat Medsos, Seorang Mertua Ditipu Menantunyanakedsecurity.sophos.com

Setelah ditelusuri, ternyata ini bukan pertama kalinya wanita tersebut mengalami penipuan (nampaknya dia tak belajar dari pengalaman). Suami korban mengatakan bahwa istrinya sebelumnya telah ditipu sebesar 50.000 yuan oleh orang lain yang tak dikenal secara online yang menjual kasur.

Tak mau kecolongan lagi, anak dari si wanita ini kemudian segera menelepon polisi dan melacak alamat IP "Zhou" yang ternyata adalah menantu laki-lakinya sendiri!

Baca Juga: Sering Dapat SMS Penipuan? Laporkan dengan Cara Ini!

Topik:

Berita Terkini Lainnya