Ledakan Bom di Markas Kepolisian Turki: 11 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka

Pihak berwenang Turki telah bertekad akan melakukan tindakan balasan

Sebuah ledakan bom mobil terjadi di Cizre, Turki Tenggara hari Jumat 26 Agustus 2016. Bom ini menewaskan sedikitnya 11 polisi dan mencederai banyak lainnya. Nampak asap tebal membubung ke udara setelah ledakan di lokasi yang diduga pos pemeriksaan polisi.

Dilansir Viva.co.id, (27/8), ledakan hari Jumat itu berlangsung sekitar pukul 6.30 pagi. Pihak berwenang Turki telah bertekad akan melakukan tindakan balasan. Perdana Menteri Turki Binali Yildirim dalam suatu konferensi pers di Istanbul menyatakan akan memberi para penyerang pembalasan yang layak. Tak ada organisasi teroris yang dapat menyandera Turki.

Baca Juga: Berita Terkini Upaya Kudeta di Turki: Seperti Apa Kronologinya?

Ledakan Bom di Markas Kepolisian Turki: 11 Orang Tewas, Puluhan Luka-lukatrtworld.com

Kota Cizre berada di Simak, provinsi yang berbatasan dengan Suriah dan Irak yang memiliki populasi Kurdi yang besar. Serangan itu dikaitkan dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sebuah organisasi yang masuk daftar teroris yang diyakini terlibat dalam serangkaian serangan di kawasan yang sama.

Identitas teroris diduga berasal dari PKK.

Ledakan Bom di Markas Kepolisian Turki: 11 Orang Tewas, Puluhan Luka-lukavoaindonesia.com

Kelompok PKK telah mengaku bertanggungjawab atas sedikitnya satu serangan terhadap kantor polisi. PKK memulai pemberontakan bersenjata mereka pada tahun 1985. Mereka menginginkan otonomi di wilayah yang luas di bagian tenggara Turki yang berbatasan dengan Suriah, Irak dan Iran. Puluhan ribu orang telah tewas dalam pertempuran itu.

Peristiwa bom yang terjadi Jumat tersebut dilakukan oleh truk yang membawa bom diledakkan di markas besar kepolisian Turki di Kota Cizre. Ledakan ini kemudian dilanjutkan dengan baku tembak antara penyerang dan polisi itu menewaskan sedikitnya 11 polisi dan melukai 45 orang. Ambulans dan helikopter pun tampak menuju lokasi ledakan. 

Turki bersumpah basmi para teroris.

Ledakan Bom di Markas Kepolisian Turki: 11 Orang Tewas, Puluhan Luka-lukaelshinta.com

Menyusul sejumlah serangan yang terjadi di Turki pekan ini, pemerintah Turki bersumpah akan membasmi ISIS dari negeri mereka. Mereka menyatakan ISIS harus dibersihkan dari perbatasan dan mereka siap melakukannya. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, dalam konferensi pers di Ankara.

Baca Juga: Fakta Terkini dan Video Serangan Bom di Bandara Ataturk Istanbul Turki.

Topik:

Berita Terkini Lainnya