2 Mahasiswa Indonesia Ditangkap Oleh Pemerintah Turki, Ada Apa?

Diketahui asal Demak dan Aceh

Dua mahasiswa Indonesia ditangkap aparat keamanan Turki di kota Bursa. Hingga kini, alasan resmi terkait penangkapan tersebut masih simpang siur. Mereka ditangkap pada 11 Agustus 2016 lalu di rumah tinggalnya di Bursa. Keduanya berinisial DP asal Demak, Jawa Tengah dan YU dari Aceh.

Dilansir BBC.com, sejumlah upaya telah dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia Ankara untuk memberikan perlindungan kepada keduanya. Pada tanggal 12 Agustus 2016, staf KBRI Ankara telah mendatangi kepolisian Bursa untuk meminta akses kekonsuleran.

2 Mahasiswa Indonesia Ditangkap Oleh Pemerintah Turki, Ada Apa?turkishspirits.org

KBRI juga menyampaikan nota kepada Kementerian Luar Negeri Turki guna meminta klarifikasi terkait dasar penangkapan. Tak hanya itu, Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Bursa turut didatangi.‎ Hai ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika nantinya kasus ini masuk ke pengadilan. KBRI sudah memastikan bahwa kedua mahasiswa tersebut akan didampingi oleh pengacara.

Baca Juga: Berita Terkini Upaya Kudeta di Turki: Seperti Apa Kronologinya?

Dua mahasiswa tersebut dituduh sebagai pemberontak.

2 Mahasiswa Indonesia Ditangkap Oleh Pemerintah Turki, Ada Apa?voaindonesia.com

Dua mahasiswa Indonesia yang ditangkap aparat Turki terus menjalani pemeriksaan. Mereka dicurigai terkait dengan Fethullah Gulen, sosok yang disebut pemerintah Turki sebagai penggerak upaya kudeta.

Saat ini mereka masih diinvestigasi sejauh mana mereka dicurigai terlibat gerakan Gulen. Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi atau indikasi keterlibatan mereka dalam kelompok Gulen.

2 Mahasiswa Indonesia Ditangkap Oleh Pemerintah Turki, Ada Apa?lentera1news.blogspot.sg

Keduanya merupakan mahasiswi yang mengenyam pendidikan di Turki berkat beasiswa dari sebuah lembaga swadaya masyarakat asal Turki bernama Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association atau PASIAD.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, KBRI di Ankara belum mendapat pemberitahuan resmi mengenai tuduhan yang dijatuhkan kepada kedua mahasiswi ini.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyorot tajam insiden penangkapan WNI ini.

2 Mahasiswa Indonesia Ditangkap Oleh Pemerintah Turki, Ada Apa?kemlu.go.id

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyoroti tajam penangkapan dua mahasiswa WNI di Turki. Keduanya ditangkap karena dugaan terlibat dalam organisasi terkait Fetullah Gullen. Gullen merupakan ulama Turki yang dituduh mendalangi kudeta militer.

Menlu menyebut pihaknya telah mengambil sikap atas kejadian tersebut. Dia juga telah menyampaikan protes kepada otoritas Turki. Dia ingin supaya hak hukum WNI dihormati oleh otoritas Turki. Meski masih meminta akses kekonsuleran, Retno menekankan bahwa hal tersebut tidak menjadi halangan bagi pemerintah dalam memberikan perlindungan maksimal.

Baca Juga: Fakta Terkini dan Video Serangan Bom di Bandara Ataturk Istanbul Turki.

Topik:

Berita Terkini Lainnya