Demi Naik Haji, Pria Muslim Tiongkok Ini Rela Bersepeda Sejauh 8.150 Kilometer

Bukti siapapun bisa naik haji

Menunaikan ibadah haji adalah bagian dari rukun Islam bagi umat muslim. Banyak umat muslim yang ingin bisa melaksanakan ibadah ini demi menggenapi ibadah mereka. Namun, butuh biaya yang tidak sedikit untuk bisa menunaikan ibadah ini sehingga ada beberapa orang yang harus berjuang lebih agar dapat naik haji.

Demi Naik Haji, Pria Muslim Tiongkok Ini Rela Bersepeda Sejauh 8.150 Kilometersidomi.com

Hal tersebut dialami oleh pria asal Tiongkok ini. Pria bernama Mohammad ini rela bersepeda dari Xinjiang ke Arab Saudi demi bisa menunaikan ibadah haji. Dia menempuh jarak 8.150 kilometer dengan menggunakan sepeda miliknya.

Mohammad memang bukan termasuk orang yang beruntung dan bisa menu­naikan ibadah haji dengan mudahnya. Namun, keinginannya untuk bisa menggenapi rukun Islam yang terakhir tersebut begitu kuat, sehingga dia pun akhirnya rela melakukan tindakan ekstrim ini.

Baca Juga: Meski Usiamu Baru 20-an, Kamu Bisa Kok Mempersiapkan Diri Untuk Naik Haji. 

Berhasil tiba di pintu gerbang Arab Saudi dengan selamat!

Demi Naik Haji, Pria Muslim Tiongkok Ini Rela Bersepeda Sejauh 8.150 Kilometerkabarmakkah.com

Setelah perjuangan panjang, Mohammad akhirnya berhasil tiba di Arab Saudi melalui pintu gerbang di Taif. Kedatangannya disambut dengan meriah oleh komunitas sepeda setempat. Cerita tentang Mohammad yang rela menempuh jarak ribuan kilometer dengan sepeda untuk menjalankan ibadah haji itu pun menjadi cerita yang begitu heroik dan menyentuh banyak orang.

Mohammad bukanlah orang pertama yang melakukan cara ekstrim ini. Pada Mei 2014, sekelompok Muslim asal Malaysia mengendarai sepeda dari Kuala Lumpur menuju Madinah. Sebanyak 12 orang anggota kelompok tersebut meninggalkan Ibukota Ma­laysia itu dan menempuh 12 negara dan berhenti di 53 kota.

Demi Naik Haji, Pria Muslim Tiongkok Ini Rela Bersepeda Sejauh 8.150 Kilometerkabarmakkah.com

Kelompok tersebut mengungkapkan perjalanan mereka tersebut harus ditempuh selama dua bulan. Mereka bisa menempuhnya dengan ringan tanpa sedikitpun kendala berarti. Masalah hanya mereka temui ketika melewati perbatasan. Mereka harus berurusan terlebih dahulu dengan petugas penjaga perbatasan di sana.

Demi Naik Haji, Pria Muslim Tiongkok Ini Rela Bersepeda Sejauh 8.150 Kilometertopiktrend.com

Muslim Tiongkok yang tahun ini tercatat menunaikan ibadah haji adalah sebanyak 14.500 orang, demikian data dari Badan Administrasi Keagamaan Tiongkok (SARA). Kantor berita Xinhua merilis untuk musim haji ini telah 11.000 jamaah Tiongkok yang telah sampai di Mekah. Mohamad tak termasuk di antaranya sebab ia mengambil jalur sendiri.

Baca Juga: 15 Rentetan Pertikaian Antara Arab Saudi dan Iran Sepanjang Sejarah. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya