Bayar Makanan Pakai Senyum, Mau?

Pembayaran makanan tidak lagi memerlukan bantuan uang cash.

Ada-ada saja tingkah para pengusaha kaya di Tiongkok. Baru-baru ini, sebuah inovasi baru telah ditelurkan oleh perusahaan Al Antaba Ant Financial yang bekerja sama dengan KFC di kota Hangzhou, Tiongkok timur. Perusahaan yang terafiliasi dengan raksasa internet, Alibaba ini  menciptakan sebuah alat pembayaran bernama smile to pay.

Bayar Makanan Pakai Senyum, Mau?Alex Wong/CNBC

Menurut informasi yang dihimpun oleh CNBC, (6/9), alat ini memiliki teknologi unik. Para customer tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun untuk membayar makanan mereka. Sesuai dengan namanya, smile to pay, akan menyediakan izin pelanggan untuk membayar makanan mereka hanya dengan bermodal senyum.

Bagaimana cara kerja alat ini?

Sebagaimana yang ditunjukan video di atas, proses pembayaran untuk makanan tidak lagi memerlukan bantuan uang tunia. Namun, untuk bisa melakukan hal ini, para pelanggan harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi Alipay dan mengaktifkan fitur pengenalan wajah.

Selanjutnya, sebuah kamera 3D yang berada di alat ini akan memindai wajah pelanggan untuk memverifikasi identitas wajah mereka. Para pembeli tinggal senyum di depan kamera dan makanan lezat siap mereka dapatkan.

Bayar Makanan Pakai Senyum, Mau?techcrunch.com

Teknologi ini menjadi kampanye perdagangan modern di masa depan. Di masa itu, diyakini semua sistem pembayaran akan mengintegrasikan unsur-unsur dari ritel online dan offline. Bahkan, perusahaan milik Jack Ma ini juga meluncurkan sebuah toko tanpa uang tunai pada awal musim panas. Mereka mengoperasikan 10 toko kelontong di Shanghai yang menggunakan aplikasi mobile untuk bertransaksi jual beli. Cara ini diyakini bisa mengoptimalkan pengalaman pelanggan yang berbelanja di era modern.

Baca juga: Jack Ma, Bos Alibaba Jadi Penasihat e-Commerce Indonesia.

Ujung-ujungnya meski cuma tersenyum, para pelanggan tetap harus mengeluarkan uang.

Bayar Makanan Pakai Senyum, Mau?theverge.com

Alibaba pertama kali memamerkan teknologi pengenal wajah itu saat Festival IFA di Jerman dua tahun lalu. Waktu itu, Jack Ma memamerkan beberapa teknologi pembayaran, salah satunya adalah membayar melalui selfie. Siapa sangka teknologi ini sangat menarik minat para pengunjung yang hadir saat itu.

Alibaba mengusung teknologi bernama Face ++ dari startup Tiongkok Megvii untuk memaksimalkan inovasi ini. Dana sebesar $ 150 juta pun juga dikumpulkan dari para investor untuk mendanai proyek luar biasa ini.

KFC adalah perusahaan makanan cepat saji pertama yang mencoba inovasi Alibaba ini. Kedepannya, Pizza Hut dan Taco Bell di Tiongkok juga diprediksi akan ikut menggunakannya. Terlihat sangat mudah menyaksikan bagaimana smile to pay menjadi strategi yang tepat untuk membayar makanan dengan modal senyum. Tapi ujung-ujungnya pelanggan juga harus punya deposit di Alipay lebih dulu. Meski senyum didepan kamera, kalau  deposit-nya kosong, alat ini tidak akan bekerja.

Teknologi ini nampaknya tidak hanya akan dimiliki oleh Alibaba, pasalnya perusahaan aplikasi messenger WeChat juga telah melakukan hal serupa. Mereka membikin teknologi pembayaran melalui wajah pada Tencent's WeChat Pay. Alat ini menjamin sistem pembayaran yang terhubung ke aplikasi messenger WeChat yang sangat populer di Tiongkok.

Baca juga: Alibaba Akan Buat Vending Machine untuk mobil.  

Topik:

Berita Terkini Lainnya