Busyet, Batu Sebesar Telur Burung Unta Ditemukan di Tubuh Lansia

Waspada kalau alami gejala seperti ini. Nanti bisa seperti kakek satu ini

Rutin memeriksakan kesehatan diri ke dokter memang sangat dibutuhkan sebagai langkah pencegahan dini terhadap penyakit. Selain itu, tujuan pemeriksaan untuk mengetahui lebih cepat jika ternyata kamu memiliki penyakit berbahaya. Bukan seperti pria asal California, Amerika Serikat ini.

Terdapat batu seukuran telur burung unta di kandung kemih.

Busyet, Batu Sebesar Telur Burung Unta Ditemukan di Tubuh Lansiadailymail.co.uk

Seorang pria berusia 64 tahun yang tidak diketahui namanya, harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh merasakan sakit berhari-hari ketika ingin buang air kecil. Setelah menjalani proses CT Scan, hasilnya menunjukkan sesuatu yang sangat mengejutkan. Terdapat batu kandung kemih berukuran 4,7 inci x 3,7 inci x 3 inci, seberat 770 gram atau setara dengan telur burung unta.

Dari hasil pemindaian, terdapat pula beberapa batu kandung kemih berukuran yang lebih kecil di ureter kirinya. Tempat tersebut merupakan saluran yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih. Supaya bisa membuang air kecil, para ahli bedah membuatkan ‘neoblader’ atau kandung kemih tiruan pada usus pria tersebut.

Namun bukan menjadi batu kandung kemih yang terbesar di dunia.

Busyet, Batu Sebesar Telur Burung Unta Ditemukan di Tubuh Lansiaiflscience.com

Sementara itu, para dokter yang merawat pria itu menjelaskan jika pria tersebut telah menderita kanker kandung kemih lebih dari satu dekade yang lalu. Hasil temuan inipun telah diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Namun menurut Guinness World of Records, batu kandung kemih yang terdapat pada pria tersebut bukanlah yang terbesar di dunia. Karena pada tahun 2003, Jose de Castro da Silva, yang berasal dari Sao Paulo, Brazil, menjalani operasi mengeluarkan batu kandung kemih berukuran 7 inci x 5 inci x 3,7 inci seberat 1,9 kg.

Riky Riduan Photo Writer Riky Riduan

Mencoba yang terbaik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya