Pengadilan Singapura Menetapkan Tersangka dalam Kasus Penipuan Gereja City Harvest

Total ada enam orang yang dijadikan tersangka.

Kasus penipuan yang terjadi di Gereja City Harverst, Singapura berakhir dengan menetapkan enam tokoh penting sebagi tersangka. Keenam tokoh ini merupakan petinggi dari gereja City Harvest. Hakim pengadilan di Singapura menetapkan pendeta, Kong Hee sebagai tersangka karena menggunakan uang gereja sebesar 24 juta dolar Singapura untuk keperluan karir musik istrinya, Sun Ho. 

Pengadilan Singapura Menetapkan Tersangka dalam Kasus Penipuan Gereja City Harvest Sumber Gambar: bbc.co.uk

Para tersangka ini mencoba untuk menggelapkan dana melalui pembuatan investasi palsu. Selain Kong Hee, pengadilan singapura juga menetapkan John Lam dengan pasal pidana pelanggaran kepercayaan. Sedangkan Tan Ye Peng (pendeta senior) dan dua mantan manajer keuangan Serina Wee dan Sharon Tan didakwa dengan pidana pelanggaran kepercayaan dan pemalsuan rekening. Hingga kini hakim belum menjatuhkan hukuman tetapi diperkirakan hukuman seumur hidup akan menghantui para petinggi gereja ini.

Gereja City Harvest ini didirikan pada tahun 1989. Di awal kemunculannya, gereja ini hanya berisikan 20 remaja. Kini gereja ini mempunyai lebih dari 30.000 jemaat yang tersebar di Singapura dan cabang gereja City Harvest. City Harvest dibangun oleh Kong Hee dan Sun Ho, gereja ini merupakan gereja kristen karismatik. Proses investigasi kasus ini diperkirakan memakan waktu dua tahun dan tiga tahun persidangan. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya