Menlu Belanda Ajak Banyak Negara Tangani Dampak Perubahan Iklim

Diperkirakan dampak ini dapat mengancam keamanan negara.

Belanda menjadi tuan rumah dari Konferensi tahunan pertama Keamanan Planet di Den Haag, Senin (2/11). Pada acara pembukaan konferensi teresbut, Menteri Luar Negeri Belanda Bert Keoenders menegaskan semua negara untuk bekerjasama dalam menangani dampak perubahan iklim pada keamanan. 

Menlu Belanda Ajak Banyak Negara Tangani Dampak Perubahan Iklim Sumber Gambar: ayobandung.com

Dilansir Antaranews.com, menurutnya iklim dan perdamaian sangat berkaitan erat. Jika terjadi perubahan pada iklim akan berdampak besar pada keamanan terutama pada negara yang sudah rapuh. Di dalam konferensi ini setidaknya terdapat 300 pembuat kebijakan dan ahli yang berasal dari 70 negara. Mereka berkumpul di Istana Perdamaian untuk membahas dampak dari perubahan iklim mengenai keamanan internasional. 

Menlu Belanda Ajak Banyak Negara Tangani Dampak Perubahan Iklim Sumber Gambar: hijauku.com

Keamanan akan difokuskan pada keamanan pangan, migrasi, keamanan Kutub Utara dan permukaan air laut. Ia menambahkan resiko yang paling serius dari perubahan iklim adalah menimbulkan beban yang berlebihan buat negara lemah. Rencananya setelah konferensi ini akan ada konferensi lanjutan untuk membahas kesepakatan internasional mengenai perubahan iklim. Konferensi ini adalah Konferensi Perubahan Iklim PBB 2015 yang akan dilaksanakan di Paris pada akhir bulan November. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya