Indonesia Jadi Negara Ketiga Pencipta Polusi di Dunia

Ini bukan prestasi...

Kabut asap yang melanda Indonesia di tahun 2015, membuat Indonesia dijuluki sebagai negara dengan nomor urut ketiga pencipta polusi di dunia, setelah Amerika Serikat dan China. Kebakaran hutan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia juga menyebar ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Indonesia Jadi Negara Ketiga Pencipta Polusi di Dunia Sumber Gambar: viva.co.id

Dengan banyaknya titik api dan pekatnya asap yang dihasilkan menyebabkan meningkatnya level emisi karbon di Indonesia. Menurut World Resources Institute (WRI), kurang lebih 100 ribu kebakaran hutan terjadi di tahun 2015, angka ini meningkat dibandingkan hasil pada tahun 2006.

Indonesia Jadi Negara Ketiga Pencipta Polusi di Dunia Sumber Gambar: okezone.com

WRI juga menambahkan bahwa sejak September, emisi harian dari kebakaran di Indonesia melampaui emisi harian dari seluruh perekonomian AS dalam 26 hari. Kebakaran hutan tahun ini telah menyumbangkan sebanyak satu milliar ton karbondioksida ke udara. Angka ini lebih besar dibandingkan annual emisi negara Jerman. Bencana asap ini rencananya akan dibicarakan dalam konferensi iklim PBB yang akan diadakan di Paris, 30 November hingga 11 Desember 2015. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya