Ngeri, Ada Jasa Tukang Cukur Bola Mata di Cina

Hati-hati. Konten ini mengandung gambar yang sensitif. Bikin merinding

Biasanya seorang tukang cukur menawarkan jasa cukur rambut untuk para pelanggannya. Namun tidak demikian dengan Xiong Gaowu, seorang tukang cukur di Chengdu, Cina. Ia berhasil mencuri perhatian dunia. Karena selain mencukur rambut, ia juga menawarkan jasa cukur bola mata para pelanggannya.

Hati-hati. Foto ini mengandung hal yang sensitif.

Proses cukur bola mata yang menegangkan.

Ngeri, Ada Jasa Tukang Cukur Bola Mata di Cinayoutube/RUPTLY

Meski namanya mencukur, tetapi faktanya tidak benar-benar memotong atau mencincang bola mata. Mencukur di sini adalah membersihkan bola mata sampai ke bagian yang lebih dalam. Proses cukur bola mata ini bisa dibilang cukup singkat. Hanya lima menit saja.

Pertama, kelopak mata pasien ditarik lalu tukang cukur berusia 62 tahun itu mulai cekatan menggunakan pisau untuk membersihkan bola mata dari debu dan kotoran lain hingga ke sela-selanya.

Sudah menjadi tradisi kuno di Cina.

Ngeri, Ada Jasa Tukang Cukur Bola Mata di Cinayoutube/RUPTLY

Pencukuran bola mata ternyata bukan hal yang sedang trend saat ini. Malahan praktik ini sudah menjadi tradisi kuno warga Cina. Hanya saja tidak semua orang membuka praktik cukur bola mata tersebut. Praktik cukur bola mata mulai dilakukan sejak awal abad ke-20.

Tujuannya untuk mengobati penyakit trakoma, infeksi mata akibat bakteri yang menyebabkan kasus kebutaan paling umum di dunia. Prosesnya dilakukan dengan membersihkan bisul dan luka di bawah kelopak mata penderita trakoma untuk merangsang keluarnya air mata. Sehingga mata menjadi lembab dan tidak kering.

Meski awalnya menakutkan namun pelanggan puas dengan hasilnya.

Ngeri, Ada Jasa Tukang Cukur Bola Mata di Cinayoutube/RUPTLY

Satu pelanggan mengatakan bahwa ia puas dengan hasilnya. Meskipun di awal, sempat merasa tidak nyaman dengan proses cukur tersebut.

Meskipun banyak orang yang masih mempraktikkan cukur bola mata ini, tetapi faktanya praktik tersebut sangat berisiko bagi kesehatan.

Qu Chao, Wakil Kepala Departemen Oftalmologi di Sichuan mengatakan bahwa pencukuran bola mata sangat berbahaya. Selain karena prosesnya yang kurang steril juga dapat membahayakan jaringan dan bagian mata lainnya. Di era modern ini risiko trakoma bisa dikurangi dengan menjaga kebersihan. Bisa disembuhkan dengan antibitotik serta teknologi kedokteran lainnya.

Melisa Camalia Photo Verified Writer Melisa Camalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya