Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu Tahu

Semoga serangan bom tidak terulang lagi di 2016

Tahun 2015 akan segera berakhir, lembaran baru juga sudah siap untuk dibuka. Apakah kalian sudah menyiapkan berbagai resousi untuk meghadapi tahun depan? Eiitsss, sebelum itu, yuk kita lihat kembali ada kejadian penting apa saja yang telah terjadi selama tahun 2015 ini? Kita ambil segala hal positifnya dan jadikan pelajaran agar tidak terulang pada sisi negatifnya sehingga kita siap menghadapi tahun depan yang jauh lebih baik.

#1

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: kompas.com

Tanggal 1 Juli merupakan hari yang bersejarah bagi AS dan Kuba. Hal ini karena AS dan Kuba menyetujui sebuah kesepakatan bersejarah untuk membangun kembali hubungan diplomatik penuh, yang terputus 54 tahun sebelumnya selama Perang Dingin.

#2

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: voaindonesia.com

Tanggal 2 April di Kenya. Setidaknya 148 orang, sebagian besar mahasiswa, dibantai ketika kelompok militan Al Shebab Somalia menyerang Universitas Garissa di Kenya.

#3

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: voaindonesia.com

Tanggal 3 September di Guatemala. Presiden Guatemala Otto Perez mengundurkan diri setelah Kongres mencabut hak imunitasnya atas tuduhan korupsi dan surat perintah penangkapan untuk dirinya pun dikeluarkan.

#7

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: merdeka.com

Tanggal 7 Januari di Perancis merupakan salah satu hari yang tidak dapat dilupakan dari sejarah kelam Paris, khususnya bagi dunia pers. Tujuh belas orang dibantai dalam serangan di kantor majalah Charlie Hebdo di Paris.

#8

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: merdeka.com

Tanggal 8 November di Myanmar. Partai yang dipimpin ikon demokrasi Myanmar, yaitu Aung San Suu Kyi, menang telak dalam pemilu setelah puluhan tahun negara itu didominasi militer.

#12

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: arc2020.eu

Tanggal 12 Desember di Paris. Sebanyak 195 negara menyetujui kesepakatan bersejarah untuk menghentikan pemanasan global setelah disepakatinya KTT Perubahan Iklim COP 21.

#13

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: abc19.tv

Tanggal 13 November di Perancis. Serangkaian serangan, dari penembakan dan bom bunuh diri di stadion olahraga nasional, ruang konser dan bar dan restoran di Paris, menyebabkan 130 orang tewas dan ratusan orang lainnya luka-luka. ISIS klaim bertanggung jawab atas serangan itu.

#14

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: monitorday.com

Tanggal 14 Juli di Iran. Iran dan negara-negara besar mencapai kesepakatan bersejarah yang bertujuan untuk memastikan Iran tidak menciptakan bom nuklir. Kesepakatan itu tercapai setelah negosiasi alot selama beberapa tahun terakhir.

#17

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: dw.com

Tanggal 17 Juni di AS. Seorang pria kulit putih bersenjata menewaskan sembilan orang kulit hitam di sebuah gereja kulit hitam bersejarah di Charleston, Carolina Selatan. Pembunuhan itu menyusul serangkaian insiden kekerasan polisi terhadap orang kulit hitam. Rentetan peristiwa itu menghidupkan kembali ketegangan rasial di Amerika Serikat.

#18

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: kompas.com

Tanggal 18 Maret di Tunisia. Sebuah serangan di Museum Bardo di Tunis menewaskan 21 turis asing dan seorang polisi Tunisia. Pada tanggal 26 Juni sebuah serangan di sebuah resor wisata menewaskan 38 wisatawan asing, sebagian besar turis Inggris, sementara pada 24 November pengeboman sebuah bus pengawal presiden menewaskan setidaknya 12 orang. Semua serangan itu diklaim oleh kelompok ISIS.

#20

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: dw.com

Tanggal 20 November di Mali. Sebuah pengepungan di sebuah hotel mewah di ibu kota Bamako menyebabkan setidaknya 20 orang tewas. Serangan itu diklaim oleh kelompok yang berafiliasi dengan Al Qaeda.

#24

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: monitorday.com

Tanggal 24 September di Arab Saudi. Peristiwa desak-desakan saat ibadah haji menyebabkan lebih dari 2000 orang tewas di Mina, dekat Mekk. Dua bulan setelahnya, yakni tepat pada tanggal 24 November terjadi pertikaian antara Turki dan Rusia atas insiden ditembak jatuhnya jet tempur Rusia yang dianggap melanggar wilayah kedaulatan udara Turki. Penembakan tersebut kemudian memicu pertikaian diplomatik antara kedua negara.

#26

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: duniaku.net

Tanggal 26 Juni di AS. Mahkamah Agung AS menetapkan bahwa pernikahan sesama jenis legal di semua negara bagian di AS.

#29

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: erabaru.net

Tanggal 29 Oktober di Tiongkok. Beijing mengumumkan penghentian kebijakan satu anaknya yang sangat kontroversial dan merubah kebijakannya bahwa setiap keluarga boleh memiliki dua anak.

#31

Nostalgia: Inilah Kejadian-kejadian Penting di 2015 yang Harus Kamu TahuSumber Gambar: beritadunia.net

Tanggal 31 di Mesir. Sebuah jet penumpang Rusia jatuh dalam perjalanan dari resor wisata Sharm el-Sheikh di Mesir ke Saint Petersburg, Rusia. Peristiwa itu menewaskan semua orang di dalam pesawat yang berjumlah 224 orang. ISIS menyatakan bertanggung jawab atas apa Rusia katakan merupakan sebuah pengeboman. 

Dari beberapa peristiwa diatas, semoga semuanya dapat dijadikan pelajaran untuk menciptakan dunia yang lebih damai, adil dan makmur bagi tiap orang. Kita juga dapat belajar dari peristiwa tersebut untuk kemudian kita jadikan salah satu resolusi untuk mendukung hal tersebut. Semoga tahun depan menjadi tahun yang membuat kita menjadi jauh lebih baik. Amiin.

Topik:

Berita Terkini Lainnya