Tragedi Terminal Gas di Austria Meledak, 1 Tewas dan 18 Luka

Ledakan ini membuat pasokan gas ke Italia berkurang...

Austria, IDN Times - Terminal gas OMV di Baumgarten, Austria meledak, Selasa (12/12/2017) pagi waktu setempat. Suara ledakan itu menggegerkan warga sekitar. Api pun membumbung tinggi. Insiden itu membuat satu orang tewas dan 18 orang mengalami luka-luka.

Dikutip dari Mirror.co.uk helikopter dan 10 mobil pemadam kebakaran serta empat ambulans dikerahkan di lokasi kejadian. Saksi mata menyatakan, ledakan itu terasa seperti gempa bumi. Setelah bunyi ledakan seketika muncul api membumbung tinggi.

"Ledakan itu berbunyi seperti pesawat yang jatuh. Tanah bergetar selama 10 menit dan seluruh masyarakat ke luar dari rumah mereka," ujar saksi mata.

Kondisi pengamanan lokasi ledakan.

Tragedi Terminal Gas di Austria Meledak, 1 Tewas dan 18 Lukamirror.co.uk

Dalam Tweetnya, pihak kepolisian setempat mengimbau warga untuk menghindari lokasi ledakan. Operasi penyelamatan dilakukan secara masif. Anjing pelacak dikerahkan untuk mencari korban. Terminal gas itu ditutup. Pihak kepolisian menyebutkan ledakan disebabkan karena masalah teknis. 

Juru bicara OMV mengatakan akan segera mencari tahu bagian mana yang menjadi sumber kerusakan. Penyidik kriminal daerah setempat akan ikut turun tangan untuk melakukan investigasi setelah pemadaman api berhasil dilakukan.

Ledakan itu membuat satu mobil yang terparkir terbakar dan meleleh.

Tragedi Terminal Gas di Austria Meledak, 1 Tewas dan 18 Lukamirror.co.uk

Sementara, dikutip dari New York Times, Terminal Gas Baumgarten adalah titik masuk gas alam terbesar di Austria dan menerima produk dari Rusia serta Norwegia untuk dikompresi dan disalurkanke jalur pipa Austria dan lainnya.

Pihak Gas Connect Austria pun menyatakan aliran gas alam tetap aman. Namun perusahaan tersebut memperingatkan arus gas ke negara lain dapat terganggu. Negara yang paling besar terdampak adalah Italia.

Mendapati hal itu, Kementerian Pembangunan Ekonomi Italia pun mengumumkan status darurat pada hari Selasa. Untuk menjamin pasokan gas, pihak kementerian akan terus melakukan pemantauan.

Namun pihak kementerian memastikan pasokan gas ke konsumen Italia aman. Karena kekurangan pasokan gas bisa ditutupi dari fasilitas penyimpanan gas bawah tanah nasional.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya