Pemerintah India Gratiskan Operasi Payudara untuk Warga Miskin

Gimana nih tanggapan kalian?

Tamil Nadu, IDN Times - Layanan kesehatan yang murah dan mudah dijangkau oleh warga kurang mampu menjadi konsen semua negara. Termasuk India. Namun bukan hanya memberikan pelayanan kesehatan gratis. India menggratiskan operasi payudara bagi wanita yang berasal dari keluarga miskin. 

Sebuah rumah sakit milik pemerintah di negara bagian Tamil Nadu, India selatan meluncurkan program operasi rekonstruksi payudara gratis, Rabu (21/2/2018) lalu. Rumah Sakit Stanley yang selama ini melakukan rekonstruksi payudara gratis untuk penderita kanker memperluas layanannya, untuk operasi pembedahan payudara gratis untuk alasan kesehatan atau kecantikan.

1. Layanan operasi payudara ini meliputi pembesaran dan pengecilan payudara

Pemerintah India Gratiskan Operasi Payudara untuk Warga Miskintheguardian.com

Ada tiga layanan operasi payudara yang gratis di rumah sakit milik pemerintah itu. Pertama rekonstruksi untuk pasien kanker, kedua pembesaran payudara untuk orang-orang dengan payudara kecil, dan ketiga pengurangan payudara untuk mereka dengan payudara besar.

Layanan operasi payudara gratis ini untuk pasien yang berasal dari keluarga berpendapatan rendah. Operasi rekonstruksi payudara sendiri diprediksi menelan biaya paling murah lebih dari 80 ribu rupee atau Rp17 juta.

Dikutip dari BBC, Kepala Operasi Plastik di Rumah Sakit di Chennai, Dr V Rama Devi, mengatakan rekonstruksi dan pengurangan ukuran payudara akan dibebasbiayakan. Sementara untuk wanita yang ingin memperbesar payudara hanya perlu membayar implannya saja.

Lebih lanjut, Devi mengatakan beberapa wanita dengan payudara besar membutuhkan operasi karena menderita infeksi atau nyeri bahu. Dia mengatakan semua pasien akan diperiksa terlebih dahulu sebelum dilakukan tindakan operasi. Operasi pembesaran ataupun pengecilan payudara ini diyakini memberikan dampak psikologis yang baik.

2. Jika tidak digratiskan, pemerintah khawatir masyarakat akan melakukan hal-hal yang membahayakan jiwa untuk memperbesar atau mengecilkan payudara

Pemerintah India Gratiskan Operasi Payudara untuk Warga Miskinmirror.co.uk

Dilansir dari Guardian, Menteri Kesehatan Negara Bagian Tamil Nadu, C Vijaya Baskar, mengatakan jika layanan operasi rekonstruksi payudara ini tidak digratiskan, pemerintah khawatir masyarakat akan menggunakan cara-cara yang membahayakan dirinya untuk memperbesar atau mengecilkan payudaranya.

Unit operasi plastik di rumah sakit Stanley mengharapkan menerima hingga 100 pasien sebulan untuk operasi rekonstruksi payudara.

3. Pemerintah Tamil Nadu memang terkenal dengan layanan kesehatan yang baik dan juga memiliki kepedulian tinggi pada masyarakat kurang mampu

Pemerintah India Gratiskan Operasi Payudara untuk Warga Miskinthebritishclinic.net

Selain menyediakan operasi payudara, RS Stanley juga akan melakukan bibir sumbing gratis untuk anak dan transplantasi tangan. Pemerintah Tamil Nadu dikenal dengan kemurahan hatinya. Selain itu, Tamil Nadu menjadi negara dengan layanan kesehatan terbaik di India.

Di bawah kepemimpinan Jayalalithaa, Tamil Nadu memiliki program kantin dengan makanan gratis dan membagikan perhiasan dan tempat pernikahan bagi kaum miskin.

Operasi plastik menjadi suatu hal populer beberapa tahun belakangan di India. Pada tahun 2016, ada sekitar 420 ribu prosedur operasi plastik yang terjadi. Menurut International Society of Aesthetic Plastic Surgery, ada sekitar 33 ribu operasi pembesaran payudara dilakukan di India pada 2016.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya