Pemerintah Arab Saudi Bakal Bangun Kota Hiburan Sebesar Las Vegas

Arab makin berkembang pesat ya

Riyadh, IDN Times - Reformasi yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi terus dilakukan. Tidak mau terus bergantung dengan sektor minyak, kini Pemerintah Arab mencoba mengembangkan sektor lain.

Selain melonggarkan sejumlah aturan untuk kaum hawa, kini Pemerintah Arab Saudi akan menginvestasikan $64 miliar atau sekitar Rp874 triliun untuk mengembangkan industri hiburan dalam kurang waktu 10 tahun.

1. Di tahun ini Pemerintah Arab Saudi bakal menggelar lebih dari 5 ribu kegiatan

Pemerintah Arab Saudi Bakal Bangun Kota Hiburan Sebesar Las Vegasaljazeera.com

Dikutip dari BBC dan Aljazeera, Kepala Otoritas Hiburan Umum mengatakan pihaknya bakal menggelar lebih dari 5 ribu acara untuk tahun ini saja. Termasuk juga menghadirkan Maroon 5 dan Cirque du Soleil, sebuah penampilan hiburan teaterikal dari Kanada.

Pemerintah Arab Saudi kini membangun rumah opera pertamanya di Riyadh. Investasi itu dilakukan sebagai upaya dan bagian dari reformasi sosial ekonomi yang dikenal sebagai Vision 2030, diresmikan oleh Putra Mahkota, Mohammed bin Salman dua tahun lalu.

2. Grup teater dan hiburan kenamaan asal Kanada bakal tampil di Arab Saudi tahun ini

Pemerintah Arab Saudi Bakal Bangun Kota Hiburan Sebesar Las Vegasbbc.com

Selama ini, Pemerintah Arab Saudi memang sangat bergantung dengan minyak. Untuk itu, Putra Mahkota, Mohammed bin Salman menginginkan adanya diversifikasi ekonomi sehingga Arab Saudi sektor perekonomian lebih maju dan dinamis.

Ia juga meningkatkan pengeluaran rumah tangga untuk sektor budaya dan hiburan. Pada Desember lalu, pemerintah mencabut larangan di bioskop komersial.

3. Rencananya, Pemerintah Arab Saudi akan membangun kota hiburan sebesar Las Vegas dan menjadi pusat pariwisata di Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi Bakal Bangun Kota Hiburan Sebesar Las Vegasthenational.ae

Kepala Otoritas Hiburan Umum, Ahmed Bin Aqeel al-Khatib mengatakan di masa lalu, investor memilih menanamkan modalnya di luar negeri. Dengan perubahan ini, ia yakin akan ada perubahan nyata di Arab Saudi pada tahun 2020.

Rencananya, Pemerintah Arab Saudi membangun kota hiburan di dekat Riyadh, seukuran Las Vegas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sektor pariwisata. Dengan banyaknya investor di dunia hiburan yang masuk dan ribuan kegiatan yang digelar, diharapkan bisa mendorong kunjungan wisata domestik dan luar negeri.

Hal ini akan berdampak langsung pada pendapatan negara. Sehingga ketergantungan Pemerintah Arab Saudi pada minyak bisa berkurang.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya