100 Tahun Dimiliki Perorangan, Pantai Ini Akhirnya Dibuka untuk Umum

Untung ada konflik. Jadi pantai privat ini kini bisa dinikmati wisatawan dan nelayan

California, IDN Times - California segera memiliki pantai baru. Ya, satu pantai yang selama ini dimiliki perseorangan selama lebih dari 100 tahun akan menjadi pantai umum. Komisi Pantai California dan pemilik pun telah sepakat agar pantai ini bisa dinikmati wisatawan.

Dilansir Msn.com, Komisi Pantai California menyetujui persetujuan mengambil 36 hektare properti pantai pribadi yang dikenal sebagai Bixby Ranch ke Pemerintah Santa Barbara.

Lahan yang berada sekitar 150 mil utara Los Angeles itu selama ini telah ditutup untuk umum lebih dari 100 tahun.

Dikutip Mercury News, lahan tersebut pada mulanya dimiliki oleh satu keluarga peternak yang terkenal di California selama lebih dari 100 tahun. Karena merupakan lahan privat, pantai ini menjadi pantai pribadi.

Nah, kesepakatan untuk mengambil lahan ini muncul setelah pemilik lahan diketahui memasang puluhan sumur air di seluruh properti dan melakukan pengembangan lainnya tanpa izin.

Bukan hanya menyerahkan lahan privat itu ke pemerintah, pemilik juga membayar 500 ribu US dollar atau sekitar Rp 6,75 miliar untuk membuat akses publik dan proyek lingkungan di lahan itu.

Lahan ini nantinya akan menjadi penambahan dari Pantai Jalama yang selama ini menjadi destinasi favorit para surfer, nelayan dan pecinta paus.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya