Jika Kamu Berani Merokok di Wales, Siap-siap Kena Dena!

Aturannya masih terus digodok nih

Cardiff, IDN Times - Keinginan Pemerintah Wales untuk memiliki aturan larangan merokok di tempat umum seperti rumah sakit, sekolah dan taman bermain selangkah lebih dekat. Sekretaris Kesehatan Wales, Vauughan Gething mengaku telah melakukan konsultasi mengenai aturan ini dan rencananya mulai diterapkan pada musim panas 2019. Jika aturan ini diloloskan, siapapun yang merokok di tempat umum akan didenda.

1. Selama ini larangan yang ada di Wales hanyalah larangan sukarela. Artinya boleh dipatuhi boleh tidak

Jika Kamu Berani Merokok di Wales, Siap-siap Kena Dena!bbc.com

Diwartakan BBC, Guardian dan News Sky, saat ini larangan merokok di tempat umum baru sebatas larangan biasa dan bersifat sukarela. Jika warga taat, warga tidak akan merokok. Kalaupun ingin merokok, hal diizinkan karena belum ada aturan yang mengikat dan tidak ada sanksi. Nah, jika aturan ini diresmikan, maka orang tua dan guru harus pergi dari sekolah untuk bisa merokok. Begitu juga pasien dan pengunjung harus meninggalkan rumah sakit untuk bisa merokok. 

2. Aturan baru mengenai larangan merokok ini kemungkinan cukup ketat karena akan juga melarang perokok merokok di halaman tempat-tempat umum

Jika Kamu Berani Merokok di Wales, Siap-siap Kena Dena!news.sky.com

Larangan ini bisa dikatakan cukup ketat, karena bukan hanya melarang merokok di gedung sekolah ataupun rumah sakit, namun juga memberi larangan untuk merokok di halaman luar tempat umum. Dengan begitu, bagi siapapun yang ingin merokok saat di tempat umum harus benar-benar keluar dari lokasi itu. 

Konsultasi yang dilakukan Sekretaris Kesehatan Vaughan Gething diyakini bisa membantu membentuk aturan yang lengkap dan komprehesif.

3. Aturan dirancang untuk mengubah budaya merokok masyarakat

Jika Kamu Berani Merokok di Wales, Siap-siap Kena Dena!theguardian.com

Untuk diketahui aturan ini digaungkan Pemerintah Wales untuk menjadi bagian dari gerakan untuk mengubah budaya merokok di masyarakat. Mengingat belakang banyak keluhan dari masyarakat mengenai banyaknya perokok yang mengabaikan larangan merokok di tempat umum.

Vaughan mengaku mengubah budaya masyarakat cukup sulit. Ia pun menerima beberapa gerakan perlawanan. Namun hal ini memang harus dilakukan mengingat sekitar 18 persen warga Wales adalah perokok. Selain itu, pakar kesehatan masyarakat Wales juga percaya merokok masih menyumbang lebih dari 5.000 kematian di Wales setiap tahun. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya