Mati Listrik, 950 Penambang Afrika Selatan Terjebak di Dalam Tanah

Gimana nasib mereka?

Afrika Selatan, IDN Times - Sekitar 950 penambang terjebak di dalam tanah, di Afrika Selatan karena mati listrik, Rabu (31/1/2018). Para pekerja terjebak di tambang emas Beatrix di dekat Kota Welkom di Free State. Badai petir menjadi kambing hitam atas putusnya aliran listrik di lokasi tambang.

1. Badai petir disebut-sebut sebagai penyebab putusnya aliran listrik

Mati Listrik, 950 Penambang Afrika Selatan Terjebak di Dalam Tanahurdupoint

Dikutip dari Bbc dan Independent, sebanyak 65 orang sudah berhasil diselamatkan Kamis (1/2/2018). Namun sekitar 900 orang lagi masih terjebak di dalam tanah. Juru bicara Firma Sibanye-Stilwater, James Wellsted mengatakan pada media lokal bahwa penambang yang terjebak dalam kondisi aman dan menerima makanan serta minuman.

Dia mengatakan listrik mulai pulih namun belum cukup untuk mengangkut seluruh penambang dari dalam tanah. 

"Kami memiliki generator di sana dan mencoba untuk menggabungkan semuanya untuk bisa membawa orang-orang ke permukaan tanah. Namun kita menghadapi kendala dengan sirkuitnya yang kemungkinan berhubungan dengan badai dan masalah energi listrik," jelasnya.

Sementara juru bicara Departemen Sumber Daya Mineral Afrika Selatan mengatakan tenaga kesehatan dan keamanan berada di lokasi kejadian untuk mendukung upaya penyelamatan.

2. Afrika memang memproduksi 10 persen emas dunia. Namun di sini emas tidak bisa didapat dengan mudah. Penambang harus menggali bermil-mil untuk mendapat emas

Mati Listrik, 950 Penambang Afrika Selatan Terjebak di Dalam Tanahbbc

Untuk diketahui Afrika Selatan memproduksi 10 persen emas dunia sekaligus gudang tambang terdalam. Pekerja sering harus beroperasi lebih dari dua mil di bawah tanah.

Presiden Asosiasi Pekerja Mesin dan Konstruksi, Joseph Mathunjwa mengatakan insiden tersebut menimbulkan kekhawatiran serius mengenai kurangnya rencana darurat di wilayah tambang. "Hidup mungkin sudah terancam akibat dehidrasi dan masalah gula darah karena kurang gizi," ujarnya.

3. Insiden di lokasi tambang bukan terjadi kali ini saja. Mei 2017 lalu, 31 penambang tewas karena ledakan gas

Mati Listrik, 950 Penambang Afrika Selatan Terjebak di Dalam Tanahindia.com

Setiap tahun puluhan penambang tewas di Afrika Selatan. Pemerintah Afrika Selatan telah berupaya untuk mengurangi angka kecelakaan pada industri ini.

Namun jumlah korban tewas dinilai para serikat pekerja masih terlalu tinggi. Tercatat 31 penambang tewas pada Mei 2017 lalu setelah ledakan gas di lokasi lain dekat dengan tambang Beatrix di Free State.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya