Korsel-Korut Bakal Jalan Bersama di Bawah Bendera Persatuan Olimpiade

Bendera ini terakhir berklbar 12 tahun silam di Italia

Ajang Olimpiade Musim Dingin seperti menjadi momen yang baik untuk memperbaiki hubungan antara Korea Selatan dan Utara. Setelah pertemuan kembali digelar, Rabu (17/1/2018), kedua negara sepakat untuk berjalan bersama di bawah satu bendera, yakni bendara persatuan Korea di ajang olimpiade itu. Mereka juga bersepakat untuk membentuk tim hoki wanita gabungan. 

Pertemuan tingkat tinggi kembali digelar pada Rabu (17/1/2018) di area perbatasan

Korsel-Korut Bakal Jalan Bersama di Bawah Bendera Persatuan Olimpiadebbc.com

Dikutip BBC, jika rencana ini berjalan mulus, ratusan delegasi penting Korea Utara termasuk 230 cheerleaders, 140 musisi orkestra dan 30 atlet taekwondo akan melintasi daerah perbatasan untuk datang ke Korea Selatan. Korea Utara telah sepakat mengirimkan 150 anggota delegasi pada ajang Paralimpik, Maret mendatang. 

Namun sayangnya, rencana untuk membentuk tim hoki gabungan diprediksi bakal mendapat ganjalan besar. Pasalnya pelatih hoki Korea Selatan merasa prihatin dengan kebijakan tim gabungan itu. Penggabungan tim, kata dia, justru merusak peluang Korea Selatan untuk meraih medali.

Puluhan ribu orang juga telah menandatangani petisi online untuk mendesak Presiden Moon Jae-in membatalkan rencana itu. Dan kemungkinan, tim hoki gabungan di Olimpiade itu bakal sulit untuk bisa bertanding karena Korea Utara telah melewatkan tenggat waktu pendaftaran. 

Bukan hanya itu, tantangan besar juga dihadapi Korea Selatan yang harus menemukan agar untuk menjamu delegasi Korea Utara tanpa melanggar sanksi Dewan Keamanan PBB. 

Namun sayangnya, hubungan komunikasi yang mulai terjalin baik antara Korea Utara dan Selatan ini dikritisi oleh Jepang

Korsel-Korut Bakal Jalan Bersama di Bawah Bendera Persatuan Olimpiadecnn.com

Pertemuan Korea Utara dan Selatan ini mengundang perhatian Jepang. Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono menaruh curiga jika Korea Utara sedang melancarkan serangan ofensif. "Ini bukan saatnya untuk mengurangi tekanan atau memberi penghargaan pada Korea Utara," ujarnya.

Meski begitu, Presiden Moon Jae-in tetap yakin jika partisipasi Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin dan berbagai pertemuan yang telah dilakukan bisa membantu meningkatkan hubungan antar Korea.

Bendera Persatuan Korea ini terakhir berkibar pada Olimpiade Musim Dingin di Turin, Italia tahun 2006

Korsel-Korut Bakal Jalan Bersama di Bawah Bendera Persatuan Olimpiadenbcnews.com

Sementara dilansir CNN, Bendera Persatuan Korea menampilkan siluet biru semenanjung dan pulau-pulau terpencil Korea. Bendara ini pertama kali ditampilkan dalam Kejuaraan Tenis Meja Dunia 1991. Terbaru digunakan di Olimpiade Musim Dingin di Turin, Italia 2006 atau 12 tahun silam. 

Komite Olimpiade Internasional (IOC) dinilai perlu menyetujui kesepakatan kedua negara korea seperti tim hoki gabungan dan usulan upacara pembukaan. Panitia olimpiade mengatakan pada Rabu (17/1/2018) pihaknya telah menerima sejumlah proposal menarik yang akan didiskusikan dengan delegasi dari Korea Utara dan Selatan di Swiss pada Sabtu (20/1/2018). 

"Kami yakin kedua delegasi Korea akan mempresentasikan gagasan dan proposal mereka pada pertemuan nanti. Hal ini memungkinkan kami untuk mengevaluasi konsekuensi dan dampak potensial apa yang akan terjadi pada olimpiade dan kompetisi olimpiade," ujar panitia dalam pernyataannya.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya