Kedatangan Jenderal Korut Disambut Protes Warga Korea Selatan

Ia 'diserang' oleh keluarga korban kapal perang Korea Selatan

Pyeongchang, IDN Times - Jenderal Kim Yong-chol, pemimpin delegasi Korea Utara dalam acara penutupan upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin telah menyeberang wilayah perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan.

Namun kedatangan Jenderal Kim disambut protes masyarakat Korea Selatan. Apalagi Jenderal Kim disebut-sebut sebagai dalang penyerangan torpedo sebuah kapal perang Korea Selatan yag menghilangkan 46 pelaut.

1. Pihak yang memrotes adalah keluarga korban serangan kapal perang dan juga politisi oposisi

Kedatangan Jenderal Korut Disambut Protes Warga Korea Selatantheguardian.com

Dilansir dari BBC dan the Guardian, Jenderal Kim menjadi pemimpin delegasi Korea Utara dan datang bersama delapan delegasi lainnya. Namun kedatangannya disambut protes keluarga korban serangan kapal perang. Mereka membawa gambar wajah Jenderal Kim Yong-chol, dan memberikan tanda silang besar berwarna merah.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan di Seoul ini terjadi Sabtu (24/2/2018) waktu setempat. Selain warga, beberapa politisi kenamaan juga menentang keputusan Presiden korea Selatan, Moon Jae-in yang mengizinkan Jenderal Kim datang ke Korea Selatan. Apalagi Jenderal Kim telah masuk daftar hitam oleh Washington dan Seoul.

2. Meski diprotes banyak pihak, Menteri Unifikasi Korea Selatan menyatakan tidak ada yang salah dari kunjungan Jenderal Kim

Kedatangan Jenderal Korut Disambut Protes Warga Korea Selatanbbc.com

Enam anggota parlemen oposisi berkemah semalam di jalan dekat tempat Kim melintasi area perbatasan menuju Korea Selatan dan menegaskan Moon harus membatalkan kunjungan Jenderal Kim. Beberapa demonstran juga berpotensi menghalangi jalan Kim.

Meski ditentang banyak pihak, Menteri Unifikasi Korea Selatan, Cho Moyoun-gyon mengklarifikasi jika tidak ada batasan dalam perjalanan Jenderal Kim ke Olimpiade Musim Dingin.

3. Jenderal Kim Yong-chol sendiri adalah mantan kepala badan intelijen militer Korea Utara. Dia disebut sebagai dalam berbagai penyerangan yang terjadi Korea Selatan termasuk penyerangan kapal perang.

Kedatangan Jenderal Korut Disambut Protes Warga Korea Selatanbbc.com

Sekilas tentang Jenderal Kim, ia dalah mantan kepala intelijen militer Korea utara. Selama bekerja, Jenderal Kim dituduh mendalangi serangan terhadap kapal perang Cheonan dan Pulau Yeonpyeong milik Korsel pada tahun 2010.

Dia juga terkait dengan serangan cyber di Sony Pictures pada tahun 2014 dalam upaya menghalangi peluncuran The Interview, sebuah film komedi yang didasarkan pada rezim Korea Utara. Jenderal Kim terkenal sebagai juru runding militer Pyongyang selama perundingan antar Korea tahun 2006 dan 2008.

Dia kemudian menjabat sebagai direktur General Reconnaissance Bureau yang bertugas melakukan perang cyber, dan mengumpulkan intelijen asing dari tahun 2009 hingga 2016. Pada tahun 2016 dia memimpin United Front Departement, sebuah badan intelijen sipil yang mengoperasikan atau menggerakan kelompok pro Korea Utara d Korea Selatan dan menangani urusan antar-Korea.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya