Kebakaran Hutan di Australia, 1000 Hektare Lahan Hangus

Petugas pemadam masih berupaya melakukan pemadaman api

New South Wales, IDN Times - Kota Pesisir New South Wales, Tathra Australia dilanda kebakaran hutan hebat, Minggu (18/3/2018) waktu setempat. Hingga Senin (19/3/2018) api belum berhasil dikendalikan dan masih cukup merepotkan petugas. Lebih dari 70 rumah dikhawatirkan akan ikut terbakar dalam insiden itu.

1. Kepulan asap terlihat dari sekitar permukiman penduduk

Kebakaran Hutan di Australia, 1000 Hektare Lahan Hangusbbc.com

Dilansir dari BBC, the Guardian dan Australia News, api bergerak sangat cepat. Penduduk sekitar dievakuasi ke kota terdekat. Tidak ada laporan orang hilang karena insiden ini. Namun empat orang dirawat karena menghirup asap.

2. Penampakan kebakaran hutan dari atas. Api semakin mendekati area permukiman

Kebakaran Hutan di Australia, 1000 Hektare Lahan Hangusabc.net.au

Penduduk meninggalkan kota dengan berjalan di sepanjang pantai. Asap yang tebal membumbung tinggi menjadi pemandangan di setiap sudut kota. Helikopter dan pesawat terbang untuk menyiramkan air dan memadamkan api di lokasi kebakaran.

3. Api semakin tak terkendali setelah menghanguskan 1000 hektare lahan. Namun beruntung pada Senin (19/3/2018), cuaca cukup bersahabat. Hembusan angin tidak terlalu kencang sehingga api tidak dengan cepat menjalar

Kebakaran Hutan di Australia, 1000 Hektare Lahan Hangusabc.net.au

Petugas pemadam kebakaran setempat mengatakan, api menjadi semakin tidak terkendali setelah membakar lebih dari seribu hektare lahan. Api menjalar lebih dari 7 kilometer. Petugas pemadam kebakaran berusaha keras agar api tidak melahap properti atau bangunan milik warga.

Dia mengatakan, kondisi yang cukup bersahabat pada Senin (19/3/2018) mempermudah pemadam untuk mengurangi titik-titik api dan menjinakan si jago merah. Angin tidak berhembus begitu kencang. Sehingga api tidak menjalar secara cepat.

Namun petugas memperingatkan warga jika api masih aktif di sekitar kota dan bangunan yang ada belum dipastikan aman dari ancaman kebakaran. Warga diimbau untuk tetap berada di luar kota Tathra selama petugas melakukan pemadaman api.

4. Petugas melakukan pendataan kerusakan aset karena insiden ini. Diketahui 1 tower atau menara telekomunikasi runtuh dan beberapa rumah serta tempat bisnis mengalami kerusakan

Kebakaran Hutan di Australia, 1000 Hektare Lahan Hangusabc.net.au

Selain mengevakuasi warga dan melakukan pemadaman api, dilakukan juga pendataan kerusakan aset karena kebakaran itu. Menara telekomunikasi diketahui roboh dan bberapa tempat bisnis serta rumah rusak. 

Pada bulan September lalu, warga Australia telah diperingatkan untuk mempersiapkan diri terhadap potensi kebakaran hutan. Peringatan ini diluncurkan seiring mulai masuknya musim kering terkering yang pernah tercatat.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya