Inggris Kini Punya Menteri Urusan Kesepian!

Wah, para jomblo kini gak takut kesepian lagi nih

Inggris, IDN Times - Perdana Menteri Inggris, Theresa May menunjuk seorang menteri untuk mengatasi masalah kesepian di negaranya, Rabu (17/1/2018) waktu setempat. Penunjukan menteri urusan kesepian ini sengaja dilakukan sebagai cara untuk mengatasi masalah sosial yang dialami oleh sembilan juta orang Inggris.

1. Nah, ini dia menteri urusan kesepian Inggris, Tracey Crouch

Inggris Kini Punya Menteri Urusan Kesepian!metro.co.uk

Tracey Crouch adalah orang yang ditunjuk PM Theresa May untuk menjadi menteri urusan kesepian. Pemerintah melakukan hal ini setelah sebua riset menunjukkan 1 dari 10 orang warga Inggris hampir selalu atau sering mengalami kesepian.

Dari riset itu diketahui pula ratusan lansia sudah tidak berbincang dengan teman atau saudaranya selama kurang lebih satu bulan. "Kesepian adalah sebuah realitas yang menyedihkan di kehidupan modern," ujar Theresa May dikutip dari CNN.

May mengatakan, pemerintah ingin menghadapi dan menyelesaikan masalah kesepian ini yang dialami oleh orang-orang tua, penjaga dan orang-orang yang telah kehilangan orang dicintai.

2. Masalah kesepian ini mayoritas dialami oleh para lanjut usia

Inggris Kini Punya Menteri Urusan Kesepian!bbc

Sementara dilansir dari NBC News, gelar resmi yang disandang Crouch adalah Menteri Olahraga dan Masyarakat Sipil. Namun karena ditunjuk untuk fokus menangani masalah kesepian yang dialami masyarakat Inggris, ia pun disebut sebagai menteri urusan kesepian.

Mendapat tanggung jawab itu, Crouch akan menyusun strategi nasional untuk mengatasi isolasi di segala usia. "Kami tahu bahwa dampak nyata dari isolasi sosial dan kesepian ada orang-orang adalah kesejahteraan fisik dan mental mereka. Selain itu juga pada aspek lain di masyarakat. Dan kami ingin mengatasi tantangan ini," kata Crouch.

3. Data dari penelitian Inggris menyebutkan lebih dari 200 ribu lansia tidak bercakap-cakap dengan teman atau saudaranya selama lebih dari sebulan

Inggris Kini Punya Menteri Urusan Kesepian!cnn

Dilansir dari Times, para dokter dan psikolog sejak dulu telah memperingatkan jika isolasi sosial adalah epidemi yang berkembang dan memiliki konsekuensi fisik, mental dan emosional. Kondisi ini juga berkaitan dengan risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker yang lebih tinggi.

"Ini (merasa kesepian) terbukti lebih buruk daripada merokok 15 batang sehari," ujar Mark Robinson, Kepala Age UK, Perusahaan Nirlaba terbesar di Inggris yang bekerja dengan orang tua.

Menurut penelitian pemerintah, sekitar 200 ribu lansia di Inggris belum pernah melakukan percakapan dengan teman atau kerabatnya dalam waktu lebih dari sebulan.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya