Bukan Hanya Korut, India juga Sukses Uji Coba Rudal Balistik

Katanya rudal ini mampu menjangkau Tiongkok

India, IDN Times - Bukan hanya Korea Utara yang mengembangkan rudal balistik antar benua. Namun India juga sukses mengembangkan Agni V, rudal balistik miliknya yang disebut-sebut mampu menjangkau Tiongkok. Uji coba rudal ini berhasil dilakukan pada Kamis (18/1/2018) waktu setempat.

1. Rudal Agni-V berhasil meluncur sejauh 3000 mil dalam waktu 19 menit

Bukan Hanya Korut, India juga Sukses Uji Coba Rudal Balistikcnbc

Dikutip dari CNN, kemampuan rudal Agni-V ini disebut-sebut sebagai rudal paling mumpuni milik India. Rudal ini telah diluncurkan pada Kamis (18/1/2018) pagi waktu India dari pulau Abdul Kalam. Rudal tersebut meluncur sejauh 3000 mil dalam waktu 19 menit.

Uji coba ini disebut sebagai dorongan dan kemajuan bersar terhadap ketahanan negara. India diperkirakan memiliki sekitar 120 hingga 130 hulu ledak nuklir di gudang persenjataannya.

Meski telah berhasil mengembangkan rudal balistik, Vipin Narang, seorang profesor ilmu politik di MIT yang mempelajari proliferasi nuklir mengadakan, uji coba yang dilakukan India tidak menunjukkan adanya perkembangan yang signifikan. India hanya menguji serangkaian kemampian teknis rudal.

2. Agni-V telah diuji coba sebanyak 5 kali sejak 2012

Bukan Hanya Korut, India juga Sukses Uji Coba Rudal Balistiknewdelhitv

Ajai Shukla, seorang analis pertahanan yang berbasis di New Delhi mengatakan India telah secara bertahap meningkatkan kompleksitas pengujian rudal itu. Agni-V telah diuji 5 kali sejak 2012. Dan percobaan terakhirnya adalah Desember 2016.

Untuk itu uji coba yang dilakukan pada Kamis (18/1/2018) adalah suatu langkah baru setelah pengembangan selanjutnya. Peluncuran itu memantik kemarahan dari negara-negara lain seperti Tiongkok dan Pakistan. Uji coba yang dilakukan India itu bukan hanya menunjukkan kemajuan dari perspektif teknologi. Namun hal itu bisa menimbulkan konsekuensi geopolitik yang serius.

Hubungan antara Beijing dan New Delhi bisa semakin tegang setelah sebelumnya terjadi perselisihan perbatasan yang berkepanjangan di wilayah Dokog, Himalaya pada akhir 2017. Para ahli menyebutkan, Agni-V bisa digunakan untuk menyerang seluruh wilayah Tiongkok saat mencapai jangkauan maksimumnya.

3. Peluncuran rudal ini disebut-disebut bisa memancing kemarahan Tiongkok dan Pakistan

Bukan Hanya Korut, India juga Sukses Uji Coba Rudal Balistiknews 18

Dilansir dari Independent, Inndia telah mengembangkan misil seri Agni sejak tahun 1980. New Delhi menyebutkan India menghadapi ancaman dari Tiongkok dan Pakistan. Pakistan belakangan diketahui sedang mengembangkan program nuklir dan rudal.

Sementara hubungan India dengan Tiongkok masih menegang karena konflik perbatasan beberapa tahun terakhir. Para ahli menyebutkan uji coba yang dilakukan India kemungkinan ditujukan untuk mengirim sinyal ke Tiongkok, yang selama ini berupaya menegaskan kontrol atas wilayah perbatasan yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Saat dunia berfokus pada ketegangan yang meningkat antara AS dan Korut, Tiongkok diam-diam memperkuat pertahanannya dengan menghadirkan militer di pulau-pulau di sekitat Laut Cina Selatan dan di perairan strategis mereka.

Nitin A Gokhale, seorang analis keamanan nasional di New Delhi menyebutkan militer India telah menyesuaikan diri untuk memenuhi tantangan Tiongkok. "Prosesnya sudah dimulai sekitat lima tahun lalu tetapi sekarang semakin gencan dan fokus," ujarnya.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya