23 Diplomat Rusia Akhirnya Angkat Kaki dari Inggris

Diplomat Inggris juga lakukan hal yang sama di Rusia

London, IDN Times - Diplomat Rusia dan keluarga akhirnya meninggalkan Inggris pada Selasa (20/3/2018). Hal ini dilakukan setelah pengusiran yang dilakukan PM Inggris, Theresa May, pada Rabu (14/3/2018). Pengusiran dilakukan sebagai buntut dari serangan mantan mata-mata Rusia yang bermukim di Inggris.

Dikutip dari BBC dan CNN, kendaraan diplomatik mengantar para diplomat dan keluarganya bertolak dari kedutaan di London ke Bandara Stansted. Setelah itu mereka langsung bertolak ke Moskow. Inggris mengusir 23 diplomat Rusia setelah PM Theresa May mengatakan jika Rusia bersalah atas serangan racun yang menimpa Sergei Skripal dan putrinya.

Pemerintah Inggris rencananya akan memutuskan pemberlakukan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia pada Selasa pekan depan.

Meski begitu, Moskow tetap membantah semua tuduhan yang dilayangkan Inggris. Sebagai bentuk 'balas dendamm', Rusia juga melakukan pengusiran 23 diplomat Inggris. Diplomat Inggris memiliki waktu hingga Sabtu (24/3/2018) untuk angkat kaki dari Moskow.

Kremlin juga menutup kedua Dewan Inggris di Rusia, yang mempromosikan ikatan budaya antara bangsa-bangsa, dan konsulat di St Petersburg.

1. Sedikitnya ada 80 orang yang terdiri dari diplomat dan keluarganya yang kembali ke Rusia

23 Diplomat Rusia Akhirnya Angkat Kaki dari Inggriscnn.com

Kedutaan Besar Rusia mengatakan sekitar 80 orang termasuk perwira intelijen dan keluarga meninggalkan London sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan pemerintah Inggris. Pada diplomat beserta keluarga berkumpul di luar kantor kedutaan, melambaikan tangan sambil membawa koper.

Dalam postingan Twitternya, Duta Besar Rusia untuk Inggris, Alexander Yakovenko mengucapkan selamat tinggal kepada para diplomat yang 'dipulangkan' ke Rusia. Ia berharap para diplomat itu mendapatkan yang terbaik dalam karier mereka.

2. Mereka bertolak dari kantor kedutaan ke bandara dan langsung melakukan penerbangan ke Moskow

23 Diplomat Rusia Akhirnya Angkat Kaki dari Inggrisbbc.com

Sementara mantan intelijen militer Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya Yulia hingga saat ini masih dalam kondisi kritis setelah ditemukan tak sadarkan diri pada 4 Maret. Mereka terkena racun saraf dengan tipe yang dikembangkan Rusia yang disebut Novichok.

Lebih dari dua minggu sejak serangan itu, penyelidikan berjalan sangat lambat. Kepala Polisi Kontra-terorisme di Inggris mengatakan fokus penyelidikan Salisbury adalah pada gerakan Skripal sesaat sebelum diracun.

Para petugas menjaring 4 ribu jam rekaman CCTV dan telah mengambil 400 pernyataan. Penyelidikan serangan pada Skripal diprediksi tidak bisa rampung dalam waktu cepat dan membutuhkan waktu berbulan-bulan.

3. Sebagai bentuk balas dendam, Rusia juga mengusir diplomat Inggris. Deadline bagi para diplomat Inggris untuk angkat kaki dari Rusia adalah Sabtu (24/3/2018)

23 Diplomat Rusia Akhirnya Angkat Kaki dari Inggrisbbc.com

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ikut mengutuk serangan Salisbury tersebut. Para pemimpin Prancis, Jerman dan Amerika Serikat telah menjanjikan dukungan bagi Inggris dalam pernyataan bersama.

Para pemimpin Uni Eropa akan bertemu di sebuah pertemuan puncak di Brussels pada hari Kamis (22/3/2018) untuk membahas masalah ini. Untuk diketahui Skripal, seorang pensiunan kolonel intelijen militer, datang ke Inggris pada 2010 setelah dibebaskan dari penjara di Rusia.

Dia menjalani hukuman penjara di Moskow pada 2006 karena memata-matai Inggris dan menyerahkan identitas agen rahasia Rusia di Eropa ke MI6, Dinas Intelijen Rahasia Inggris.

Putrinya, Yulia, terbang ke Inggris dari Rusia pada 3 Maret, sehari sebelum dia dan ayahnya ditemukan sekarat di bangku dekat pusat perbelanjaan Maltings di Salisbury, Wiltshire.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya