Surat Kabar Tiongkok Sebutkan Militer RRT Harus Bersiap Hadapi Taiwan

Wah ada apa lagi nih?

Sebuah surat kabar Tiongkok yang terkenal dan dibaca sangat luas pada Hari Kamis (22/03/2018), menulis sebuah artikel mengenai keharusan persiapan militer RRT melawan Pemerintahan "tidak sah" Taiwan. Pernyataan ini muncul dikarenakan hubungan AS bersama Taiwan dinyatakan sudah melewati batas wajar, dan aksi penekanan AS terhadap kooperasi bersama Korea Utara serta Iran yang merupakan sekutu dekat Tiongkok, seperti yang dilansir dari Reuters

1. Surat Kabar The Global Times bawahan Renmin Ribao, menganggap Tiongkok harus bersiap menghadapi aksi militer dari Taiwan

Surat Kabar Tiongkok Sebutkan Militer RRT Harus Bersiap Hadapi Taiwancalverbond.co.uk

Tiongkok memiliki berbagai surat kabar terkenal, seperti The Global Times yang merupakan salah satu surat kabar di bawah pengaruh media massa komunis terbesar di Tiongkok, Renmin Ribao atau Harian Rakyat. Menurut pihak The Global Times mereka menulis di edisi Hari Kamis (22/03/2018), diperuntukkan kepada Pemerintah Tiongkok agar bersiap melawan aksi terlarang militer Taiwan.

Kerjasama Taiwan dan AS yang terlalu dekat pula, menjadi salah satu penyebab mengapa The Global Times menganggap Tiongkok harus mengambil tindakan yang lebih. Mereka berharap Pemerintah Tiongkok dapat "menyerang balik" pengaruh AS dengan menekan pengaruh mereka di sekitar wilayah Asia, serta lebih berani memberikan permintaan khusus dalam hubungan bilateral antar kedua negara. Selain itu, Pemerintah Tiongkok juga dapat memberikan sanksi khusus kepada Amerika Serikat seperti yang telah mereka lakukan kepada teman-teman RRT.

2. Tiongkok geram dengan penandatanganan legislasi AS bersama Taiwan

Surat Kabar Tiongkok Sebutkan Militer RRT Harus Bersiap Hadapi TaiwanAsia Times

Ternyata tidak hanya surat kabar The Global Times yang tidak senang dengan kebijakan Amerika Serikat di Asia. Beijing juga merasa geram, ketika mengetahui AS dan Taiwan sudah menandatangani legislasi khusus sehingga pejabat AS dapat datang lebih sering ke Taiwan maupun sebaliknya, untuk membahas berbagai persetujuan bilateral.

Ditambah lagi, Presiden Trump juga melakukan pembatasan perdagangan terhadap produk Tiongkok dikarenakan perdagangan Tiongkok bersifat surplus bersama AS. Kebijakan-kebijakan inilah yang membuat Tiongkok merasa di kekang oleh AS dengan sistem kontroversial di mata Pemerintah Tiongkok.

Melalui surat kabar Renmin Ribao edisi hari Kamis (22/03/2018), mereka meminta daratan utama Tiongkok bersiap menghadapi bentrok militer bersama Taiwan sedini mungkin. Pengiriman pesawat dan kapal militer RRT ke Selat Taiwan, dianggap sebagai pilihan terbaik untuk menunjukkan kepada Taiwan bahwa RRT tidak main-main mengenai ancaman dan upaya perusakan dari pihak lawan.

3. Taiwan, negara kecil terjebak dalam ambang peperangan

Surat Kabar Tiongkok Sebutkan Militer RRT Harus Bersiap Hadapi TaiwanEconmatters

Setelah pengusiran kelompok Nasionalis oleh Pemerintah Komunis dari daratan utama Tiongkok, mereka yang terusir pergi dan membentuk negara baru di Pulau Formosa. Kelompok pendukung utama Nasionalisme Tiongkok, akhirnya memutuskan untuk membuat negara Demokrasi bernama Taiwan.

Walaupun sudah lama berdiri, keinginan RRT untuk menaklukkan kelompok nasionalis masih belum selesai. Tiongkok selalu mencoba meneror Taiwan untuk memaksanya masuk, dan bergabung kembali bersama RRT. Hanya permasalahannya, Taiwan langsung menolak mentah-mentah tawaran itu dan mulai mempersipakan diri untuk berperang habis-habisan melawan Tiongkok apabila memang diperlukan.

AS yang merupakan salah satu negara pengekspor persenjataan terbesar militer Taiwan, juga memberikan perlindungan khusus kepada Taiwan apabila RRT berani menyerang negara mereka. Perbedaan pandangan dan ideologi, membuat Taiwan bersama RRT jarang untuk akur serta selalu diambang perang total.

Sumber:
https://www.reuters.com/article/us-china-taiwan-usa/china-should-prepare-for-military-action-over-taiwan-chinese-paper-idUSKBN1GY015
https://www.channelnewsasia.com/news/asiapacific/chinese-paper-says-china-should-prepare-for-military-action-over-taiwan-10065602
https://www.japantimes.co.jp/news/2018/03/22/asia-pacific/politics-diplomacy-asia-pacific/china-prepare-direct-military-clash-taiwan-amid-u-s-moves-chinese-paper/
http://www.straitstimes.com/asia/east-asia/chinese-state-run-paper-says-china-should-prepare-for-military-action-over-taiwan

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya