2 Mantan Komandan Kapal Perang AS Hadapi Tuduhan Pembunuhan

17 pelaut mati dalam insiden ini

Amerika Serikat, IDN Times - Angkatan Laut Amerika Serikat, Rabu (17/1/2018) menggugat dua mantan Komandan Kapal Perang USS Fitzgerald dan USS John S McCain. Mereka dituduh telah melakukan pembunuhan dan kelalaian dalam kepemimpinan mereka di kapal tersebut. Hal itu menyebabkan 17 pelaut harus kehilangan nyawanya. Seperti yang diilansir dari CNN, abc News, dan The Washington Post.

1. Catatan kecelakaan terburuk dalam beberapa tahun terakhir

2 Mantan Komandan Kapal Perang AS Hadapi Tuduhan PembunuhanNew Delhi Times

Terjadinya dua kecelakaan kapal dalam satu tahun membuat pencatatan statistik kecelakaan kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat meningkat tajam. Baru kali ini dalam beberapa tahun terakir, di tahun 2017 terjadi dua kecelakaan kapal perang yang menyebabkan kematian pelaut mereka.

Kecelakaan pertama terjadi pada 17 Juni 2017, di mana saat itu Kapal Penghancur Berpeluru Kendali USS Fitzgerald, yang dipimpin oleh Komandan Byrce Benson bertabrakan dengan kapal kontainer ACX Crystal. Peristiwa ini terjadi pada jarak 56 mil laut dari lepas pantai Honshu, Jepang.

Lokasi terjadinya tabrakan kebetulan merupakan daerah padat kapal komersil. Sedangkan kecelakaan kedua terjadi pada 21 Agustus 2017, di mana pada saat itu Kapal Penghancur berkelas Arleigh Burke USS John S McCain yang dipimpin oleh Komandan Alfredo J Sanchez bertabrakan dengan kapal dagang berbendera Liberia Alnic MC, dekat Singapura.

2. 17 nyawa pelaut harus melayang

2 Mantan Komandan Kapal Perang AS Hadapi Tuduhan PembunuhanUSA Today

Menurut catatan Angkatan Laut Amerika Serikat, kedua kejadian tersebut sebenarnya dapat dihindari. Oleh sebab itu, 17 nyawa yang telah gugur tersebut sebetulnya tidak perlu meninggalkan dunia. Mereka menggarisbawahi bahwa tindakan itu semua seratus persen adalah kesalahan seorang Komandan dan perwira laut lain, yang tidak dapat bertindak secara profesional.

Selain itu, tuduhan tidak selesai di situ saja. Angkatan Laut AS menganggap bahwa tindakan yang mereka lakukan sama saja membiarkan pembunuhan terjadi. Karena hal inilah mereka mendapat dua pidana yang sanksinya sangat berat.

Tercatat, korban terbanyak berasal dari Kapal USS John S McCain dengan total 10 pelaut, sedangkan USS Fitzgerald kehilangan tujuh pelaut mereka.

3. Tidak hanya mantan Komandan kapal, tetapi tiga perwira laut juga dijadikan tersangka

2 Mantan Komandan Kapal Perang AS Hadapi Tuduhan PembunuhanEnca

Pengadilan Militer Amerika Serikat tidak hanya menerima dua nama yang menjadi tersangka. Melainkan Angkatan Laut AS mengirim lima nama yang telah mereka yakini sebagai tersangka dalam kejadian tersebut.

Setelah hampir lima bulan menyelidiki kasus, Angkatan Laut AS menyimpulkan bahwa ada dua mantan Komandan dan tiga Perwira laut, yang menjadi tersangka dalam kecelakaan kapal yang menewaskan 17 pelaut dan rusaknya kapal perang.

Sesuai dengan kode etik militer AS 'artikel no 32', mereka mengadili kelima tersangka tersebut dan menyeretnya ke meja pengadilan dengan tuduhan telah membunuh manusia, akibat kelalaian dan tabrakan kapal. Sekarang nasib kelima perwira ini sedang menunggu jalnannya pengadilan.

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya