Bikin Geger, National Costume Miss Grand Malaysia Mirip Kuda Lumping

Netizen geram dan mengecam tindakan Malaysia.

Kabar menghebohkan datang dari perhelatan Miss Grand International 2017. Di ajang kontes kecantikan buatan pageant lovers Thailand tersebut, perwakilan Malaysia bikin geger dengan menggunakan kuda lumping sebagai national costume. 

Seperti kita ketahui, kuda lumping adalah warisan budaya asli Indonesia terkhusus dari tanah Jawa. Namun, tak tahu apa sebabnya organisasi yang memegang lisensi Miss Grand Malaysia malah menggunakan kuda lumping yang mereka namakan kuda warisan sebagai national costume untuk digunakan pada kompetisi Miss Grand International 2017. 

Netizen pun geram dengan langkah Malaysia ini! Banyak komentar pedas muncul 'mengecam'.

Bikin Geger, National Costume Miss Grand Malaysia Mirip Kuda Lumping instagram.com/missgrandmalaysia

Semenjak diperkenalkan, national costume Miss Grand Malaysia 2017 ini memang banyak dikecam terutama oleh netizen Indonesia. Netizen yang tak terima dengan langkah Miss Grand Malaysia ini pun banyak melontarkan komentar pedas di foto Miss Grand Malaysia, Sanjeda John yang tengah memeragakan kostum Kuda Warisan. 

"No creativity, poor identity. Malingsia trully plagiarized! #shameonyoumalaysia", komentar salah satu netizen asal Indonesia yang geram dengan national costume Miss Grand Malaysia. 

"Kenapa ga pakai kostum upin ipin aja daripada mencuri budaya negara lain lihat dari negara jepang dan amerika walaupun terlihat sederhana tapi tidak mencuri budata negara lain", komentar netizen yang geram lainnya. 

"Warisan Indonesia :D", hemm benar juga ya!

Komentar pedas mengecam Malaysia pun masih berlanjut!

Bikin Geger, National Costume Miss Grand Malaysia Mirip Kuda Lumping instagram.com/missgrandmalaysia

"Apa Malaysia miskin budaya? kok dikit2 budaya indonesia di plagiat", ujar salah satu pengguna Instagram.

"NEGARA YANG TIDAK BANGGA DENGAN BUDAYA SENDIRI", sampai di capslock lho komentarnya. Mungkin karena saking geramnya yah!

Terkait kontroversi ini, pihak Miss Grand Malaysia pun sempat mengklarifikasi lewat akun Instagram official-nya.

Bikin Geger, National Costume Miss Grand Malaysia Mirip Kuda Lumping instagram.com/missgrandmalaysia

Banyak diprotes terutama oleh netizen dan pecinta pageant asal Indonesia, pihak Miss Grand Malaysia pun langsung ambil langkah bijak. Mereka, lewat akun Instagram official-nya mengungkapkan bahwa national costume Kuda Warisan ini memang terinspirasi dari tarian Kuda Lumping budaya Jawa yang pada awal abad 20an bermigrasi ke tanah Malaysia terutama wilayah Johor. 

Nih, ungkapan resmi dan lengkap dari pihak Miss Grand Malaysia.

The "Kuda Warisan" National Costume
Inspired by the Javanese community residing in the southern state of Johor, Malaysia. In the early 20th century, the migration of Javanese community from Indonesia through the Dutch and Japanese commerce ships in search of new land brought along its culture including this unique dance performance which is performed at merry occasions. In 1971, the ministry tourism of Johor acknowledged the Kuda Kepang dance for the Javanese community residing in Johor as a symbolic sign of unity and diversity in culture for the Johor people. With a strong historical resemblance, the origin of the Javanese cultural heritage are spread across in the southern state of Johor, Perak and Selangor in Malaysia and Singapore.

Designer: Hana Yaakob
Photograph: Arazzs Razzswil

Well, gimana pendapatmu nih guys soal kejadian ini? Fyi, bersama dengan Indonesia ternyata national costume Malaysia yang mirip dengan budaya Kuda Lumping asal tanah Jawa ini ternyata masuk Top 25 di kompetisi national costume Miss Grand Malaysia yang berlangsung pada 12 Oktober lalu. 

Senja Kala Photo Verified Writer Senja Kala

Gak usah kepo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya