Waduh, Rap Freestyle Terbaru Eminem Ini Sindir Presiden Trump

Rap ini berdurasi 4 menit, penuh sindiran!

Waduh, Rap Freestyle Terbaru Eminem Ini Sindir Presiden TrumpWashington Examiner

Semenjak terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump langsung menjadi sasaran kritik banyak pihak karena aksi individu maupun kebijakan yang ia keluarkan. Trump juga menarik perhatian publik. Tak jarang membuat komunitas internasional naik pitam karena ia kerap menggunakan media sosial sebagai alat untuk memperkeruh hubungan diplomatik.

Segala tindakan tersebut tentu membuat banyak orang merasa jengah. Termasuk dari kalangan publik figur, seperti sang dewa hip hop, Eminem.

Eminem dikenal sebagai rapper dengan kualitas lirik, rhyme dan punchline yang sangat powerful. Pada satu kesempatan di BET Hip Hop Awards, rapper bernama asli Marshall Bruce Mathers ini menyindir habis-habisan aksi Trump lewat hits freestyle yang diberi judul The Storm.

Melalui raptersebut, Eminem mengkritik Trump atas berbagai tindakannya yang dinilai bersifat rasisme. Selain itu ia juga mencela respon Trump yang dianggap abai akan berbagai peristiwa di dalam negeri. Seperti insiden kekerasan di Charlottesville dan penembakan massal di Las Vegas.

The Storm sendiri merupakan sebuah cypher dan proses pengambilan videonya dilakukan di Detroit. Cypher adalah bagian dalam kultur hip hop, di mana para rapper berkumpul dan berusaha menunjukkan verse rap mereka dengan melakukan freestyle.

Pada penampilan solonya di video The Storm, Eminem juga sempat mengatakan bahwa ia tak akan lagi peduli dengan fansnya yang menjadi pendukung Presiden Trump. Hal ini diekspresikannya lewat lirik yang mengatakan “... And any fan of mine who’s a supporter of his, I’m drawing in the sand a line. You’re either for or against...” sambil menunjukkan sebuah gestur ke arah kamera.

Performa Eminem yang satu ini ternyata bukan pertama kali dalam menyindir Donald Trump. Agustus lalu, pelantun lagu Monster tersebut sempat membuat sebuah chant bernada anti-Trump saat konsernya di Reading Festival, Inggris.

Ia juga mengubah beberapa lirik dalam lagunya yakni White America kala tampil di Glasgow, Skotlandia. Karya lainnya yang juga menyindir situasi politik Amerika Serikat adalah Campaign Speech yang rilis pada Oktober tahun lalu, bersamaan dengan debat kandidat presiden Amerika Serikat putaran ketiga.

Rap The Storm yang diunggah oleh akun resmi BET Hip Hop Awards ini telah mencapai lebih dari 11 juta viewers dalam waktu 24 jam sejak pertama kali di upload. Membuatnya sukses menjadi video yang menempati posisi pertama dalam kolom trending.

Meski Presiden Trump sendiri belum berkomentar soal rap Eminem tersebut, sejumlah selebriti dunia mendukung dan menyatakan posisi mereka yang juga mengkritik segala tindakan Trump lewat cuitan Twitter. Beberapa di antara selebriti tersebut adalah Ellen DeGeneres, LeBron James, T-Pain, J Cole, serta komedian Bill Eichner.

Ada yang sudah mendengarkan lagunya?

Pramesti

Hmm- Let me think...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI