Rasis, Pengamat Sepak Bola Ini Dipecat BBC

Tak layak dicontoh!

London, IDN Times - Stasiun Televisi Inggris, BBC telah memecat salah satu analis sepak bola mereka yang juga merupakan mantan pemain sepak bola Inggris, Trevor Sinclair. Dia ditangkap oleh polisi karena menyetir dalam keadaan mabuk dan juga melakukan perbuatan rasis kepada petugas kepolisian pada tanggal 12 November 2017 lalu. Dilansir dari The Guardian, Sinclair yang kini berusia 44 tahun pun dinyatakan bersalah pada hari Rabu (03/01). 

1. Pernah berkarir sebagai pemain di liga Inggris

Rasis, Pengamat Sepak Bola Ini Dipecat BBCthesun.co.uk

Sinclair merupakan mantan pemain sepak bola Inggris yang telah gantung sepatu pada tahun 2008. Dia merupakan seorang pemain yang berposisi sayap saat masih bermain di liga Inggris. Selama karirnya tersebut dia sering berpindah-pindah dari satu tim ke tim lainnya, diantaranya adalah, Blackpool, Queens Park Rangers, West Ham dan Manchester City. Dia pun pernah membela timnas Inggris dalam 12 pertandingan dan juga termasuk dalam skuad Piala Dunia 2002.

Setelah pensiun dari dunia sepak bola, dia meneruskan kariri sebagai analis bola di stasiun televisi BBC namun menurut BBC dia hanya dijadikan sebagai freelance. Kasus rasis yang dilakukannya tersebut sangat disayangkan sekali karena seharusnya dia lebih tahu jika hal tersebut merupakan sebuah kejahatan karena Sinclair sendiri bekerja untuk sebuah kelompok yang menentang rasisme yang bernama Show Racism The Red Card.

2. Dikenai hukuman 150 jam melakukan community service

Rasis, Pengamat Sepak Bola Ini Dipecat BBCThesun.co.uk

Atas tindakannya, Sinclair dijatuhi hukuman 150 jam melakukan layanan masyarakat akibat pelanggaran ketertiban umum dan larangan mengendarai selama 20 bulan.

Jaksa sendiri telah menjatuhkan tuntutan lainnya termasuk tindakan penyerangan kepada petugas polisi. Sinclair sendiri ditangkap setelah ditemukan dua kali melanggar batas minum minuman keras sambil mengendarai.

Kejadian tersebut bermula saat Sinclair menanyakan kepada petugas apa alasan dia ditangkap, apakah karena dia berkulit hitam dan kemudian dia menuduh polisi melakukan tindakan rasis kepadanya.  Kemudian dia pun mengencingi mobil polisi dan melakukan ucapan rasis kepada polisi saat dia dijebloskan ke penjara di kepolisian Blackpool.

3. Terbukti mengonsumsi alkohol dari batas yang diharuskan saat mengendarai

Rasis, Pengamat Sepak Bola Ini Dipecat BBCtheguardian.com

Nick Freeman, pengacaranya mengatakan, sang klien bersikap seperti itu bukan tanpa alasan. Pada malam itu, kata Freeman, dia mengalami tindakan rasis di depan keluarganya saat sedang makan bersama sebelum kejadian tersebut. Seorang wanita mendekatinya dan menepuk kepalanya dan menyebutnya “little chocolate man”.

Namun jaksa penuntut, Jim Mowbray mengatakan jika pada pukul  8.45 malam, 12 November pihak polisi menerima panggilan sebuah insiden yang terjadi  di alamat rumah Sinclair. Polisi mendapat informasi bahwa dia telah pergi mengendarai mobil Teslanya dalam keadaan mabuk.

Polisi pun mengejarnya dan menemukan mobilnya telah berhenti di tengah jalan Clifton Drive, Blackpool setelah mobilnya menyerempet seorang wanita yang baru keluar dari Taxi. Dalam sebuah statement yang dibacakan di pengadilan, pihak kepolisian mengatakan bahwa dia bertanya kepada Sinclair apa yang terjadi namun ditemukan dia dalam keadaan mabuk. Pihak polisi pun melakukan test kepadanya dan terbukti dia mengkonsumsi alcohol dari batas yang diharuskan.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya