Mengintip Kehidupan Donju, Kaum Elit di Korea Utara

Kehidupan yang berbanding terbalik dengan keadaan rakyat kecil di Korea Utara

Christian Petersen-Clausen, seorang fotografer yang bermukim di Tiongkok, mengungkapkan hal yang terjadi ketika ia berada di Korea Utara. Tahun 2013, dia datang ke Korea Utara dan menyaksikan kehidupan rakyat di sana yang tidak memiliki handphone. Kejadian yang sulit dibayangkan ketika banyak negara sudah mulai mengembangkan teknologi. Akhir tahun 2015, ia kembali ke Korea Utara dan melihat warga di sana sudah memiliki handphone.

Kejadian miris tersebut berbanding terbalik dengan kehidupan dari para kaum elit Korea Utara. Kaum elit yang dimaksud terdiri dari orang kaya, penguasa dan pejabat. Kehidupan glamour dan mewah tampak terlihat sekali di Pyongyang, ibukota Korea Utara.

Donju, kaum elite penguasa.

Mengintip Kehidupan Donju, Kaum Elit di Korea Utaradailymail

Fotografer tersebut mengungkapkan jika kaum elite Korea Utara memiliki hubungan erat dengan para pejabat Korea Utara yang memungkinkan untuk melakukan privatisasi terbatas. Kaum tersebut disebut "DONJU" atau penguasa uang. Kaum Donju ini melakukan penyuapan terhadap para pejabat agar dapat berbisnis secara bebas.

Donju yang fashionable.

Mengintip Kehidupan Donju, Kaum Elit di Korea Utaratwitter

Kaum sosialita Donju sangat mudah ditemui. Mereka juga sering menggunakan baju rancangan desainer terkenal.

Pemilik hobi mahal.

Mengintip Kehidupan Donju, Kaum Elit di Korea Utaratwitter

Hobi mahal juga sangat mudah dijumpai dengan mudah di negara ini.

Liburan eksklusif.

Mengintip Kehidupan Donju, Kaum Elit di Korea Utaratwitter

Liburan anak para kaum elite ini juga sangat mewah. Mereka sangat mudah mendapatkan akses berjalan-jalan keluar negeri.

Mobil mewah di sepanjang jalan.

Mengintip Kehidupan Donju, Kaum Elit di Korea Utaratwitter

Siapa bilang sulit untuk menemukan kemewahan di Korea Utara? Mobil mewah ini akan sangat mudah ditemukan di jalanan kota Pyongyang. Fakta-fakta tersebut membuktikan bahwa kesenjangan sangat terasa di Korea Utara.

Fery Andriawan Photo Verified Writer Fery Andriawan

Interested in writing and traveling. Check out my blog https://moneylesstraveler.blogspot.co.id/ Owner : @main_benang @fry_andr

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya