Belum Apa-apa, Trump Sudah Larang Jurnalis Meliput Dirinya

Trump tak mengizinkan jurnalis meliput pertemuannya dengan Obama.

Kebebasan pers di Amerika Serikat nampaknya dipertaruhkan di bawah kepemimpinan Presiden terpilih, Donald Trump. Belum lagi dilantik, Trump sudah berulah. Dia menolak permintaan sekelompok jurnalis yang ingin meliput pertemuan pertamanya dengan Barrack Obama Kamis 10 November 2016 lalu.

Trump terbang dari New York menuju Washington menggunakan jet pribadi tanpa mengajak jurnalis. Karena Trump tak mengizinkan wartawan dari New York mengikutinya, agenda pertemuan dengan Obama hanya diliput oleh wartawan Istana Kepresidenan. 

Menghapus tradisi.

Belum Apa-apa, Trump Sudah Larang Jurnalis Meliput DirinyaCarlo Allegri/REUTERS/ANTARA FOTO

Dikutip dari SFGate.com, apa yang dilakukan Trump dinilai menghapus tradisi yang ada selama ini. Sudah menjadi tradisi bahwa setiap Presiden yang baru saja terpilih selalu mengizinkan jurnalis meliput dalam pertemuan pertamanya dengan Presiden lama.

Trump alergi terhadap media.

Belum Apa-apa, Trump Sudah Larang Jurnalis Meliput DirinyaNeill Hall/ANTARA FOTO/REUTERS

Seperti dikutip dari Independet.co.uk, sejak masih berstatus sebagai calon  Presiden, hubungan Trump dengan media memang cukup buruk. Ia bahkan sempat melontarkan pernyataan yang menyebut pers sebagai sesuatu yang menjijikkan tidak jujur.  

Dia juga kerap kali menolak media yang ingin meliput kegiatan kampanyenya. Bahkan, untuk menghindari wartawan, dia kerap memulai kampanye sebelum awak media tiba. Namun, apa yang dilakukan Trump tak diikuti wakilnya, Mike Pence. Pence dinilai lebih ramah terhadap wartawan dan selalu mengizinkan para jurnalis meliput.

Baca juga: Jusuf Kalla: Kemenangan Donald Trump Akan Susahkan Dunia

Trump didesak lebih transparan.

Belum Apa-apa, Trump Sudah Larang Jurnalis Meliput DirinyaMike Segar/Reuters via ANTARA FOTO

Koordinator jurnalis kepresidenan Amerika, Jeff Mason, lebih terbuka terhadap aktivitas peliputan. Penolakan terhadap jurnalis akan membuat masyarakat tidak mengetahui segala kebijakan Trump. 

Tim Trump mengaku masih sibuk menyiapkan program. 

Belum Apa-apa, Trump Sudah Larang Jurnalis Meliput DirinyaKevin Lamarque/Reuters via ANTARA FOTO

Saat dikonfirmasi, juru bicara Trump, Hope Hicks berkilah bahwa apa yang dilakukan bosnya dikarenakan timnya saat ini masih menyusun formulasi yang tepat untuk peliputan Presiden. Selain itu, Trump juga masih menutup kegiatan hariannya karena masih fokus menyiapkan program kerja bersama para penasehat. 

Baca juga: Trump Menang, Warga California Serukan Kemerdekaan!

Topik:

Berita Terkini Lainnya