Supermarket Khusus Makanan Sisa Ini Izinkan Pembeli Membayar Seikhlasnya!

Makanannya masih layak makan kok!

Apa yang akan kamu lakukan jika punya makanan sisa? Dibuang? Apakah tidak sayang? Makanan yang masih layak di makan ini ternyata bisa disumbangkan lho. Itulah yang melatarbelakangi sebuah kelompok membuat proyek Real Junk Food atau 'Makanan Sampah Asli'. Proyek ini berlangsung sejak awal September dan telah menarik banyak perhatian masyarakat Inggris.

Seperti dikutip dari Independent, sebuah gudang dijadikan supermarket. Gudang di daerah Grangefield, Pudsey, Inggris ini dijadikan lokasi karena kemudahan akses ke wilayah tersebut. Seluruh supermarket diperuntukan untuk orang-orang yang menyumbangkan makanan sisa dan para pembeli dapat membayar secara sukarela.

Berbagai makanan dari banyak restoran dan supermarket.

Supermarket Khusus Makanan Sisa Ini Izinkan Pembeli Membayar Seikhlasnya!facebook.com/adam.smith.982292

Menurut salah satu anggota proyek ini, supermarket ini dibuka untuk melayani mereka yang benar-benar membutuhkan. Mereka ingin menunjukkan kalau kepedulian masih ada dalam setiap orang. Selain itu, proyek bekerjasama dengan berbagai restoran dan supermarket di Inggris. Para restoran dan supermarket menyediakan makanan sisa layak makan untuk dibeli secara sukarela.

Setiap harinya diperkirakan ada lebih dari 1,1 juta orang membutuhkan makanan, tapi tidak memiliki uang yang cukup untuk membelinya. Makanya, proyek ini dibuat untuk mereka, agar tidak perlu lagi bingung mencari makan.

Supermarket Khusus Makanan Sisa Ini Izinkan Pembeli Membayar Seikhlasnya!facebook.com/adam.smith.982292

Berbagai orang yang memiliki pendapatan rendah, tunawisma dan tunakarya adalah mereka yang jadi target proyek ini. Mereka mengaku tidak ingin terlihat seperti memberi makan secara cuma-cuma hanya karena kasian. Namun, mereka ingin menunjukkan bahwa banyak orang yang butuh bukan hanya para tunawisma. Proyek ini ingin menjangkau siapapun yang bersedia membantu atau membeli.

Baca Juga: Tunawisma Ganteng Ini Sukses Jadi Model Berkat Kendall Jenner dan Gigi Hadid

Makanan tersebut dibutuhkan semua orang dan sudah ada buktinya.

Supermarket Khusus Makanan Sisa Ini Izinkan Pembeli Membayar Seikhlasnya!facebook.com/adam.smith.982292

Seperti dikutip dari Metro, dalam dua minggu peluncurannya, supermarket ini telah menarik perhatian banyak orang dari sekitar Leeds dan kota-kota di dekatnya di Inggris. Supermarket dianggap menjawab kebutuhan semua orang untuk memiliki makanan yang layak.

Ketua Real Junk Food, Adam Smith mengatakan kalau ada sebuah keluarga yang membeli pasta, jus, saus pasta, kue, buah, sayuran dan salad. Mereka juga membutuhkan susu bayi yang selama ini sulit untuk dibeli karena biaya mahal. Keluarga tersebut sempat bercerita pada Adam kalau program mereka sangat membantu.

Supermarket Khusus Makanan Sisa Ini Izinkan Pembeli Membayar Seikhlasnya!facebook.com/adam.smith.982292

Adam mengatakan, banyak sekali orang yang merasa terbantu dan tidak dapat diceritakan satu per satu. Adam mengaku ingin terus menjalankan program ini demi banyak orang.

Rencananya, nanti supermarket ini akan dibuka di Sheffield, Yorkshire Selatan dan Bradford, London Barat.

Baca Juga: Pasar Tradisional Vs Pasar Modern : Mana yang kamu Pilih?

Topik:

Berita Terkini Lainnya