Kakak Beradik Ini "Mewarisi" Insomnia Akut yang Bisa Membunuh Mereka Kapan Saja

Seperti apa tanda-tanda pengidapnya?

Kakak beradik di Queensland, Australia, mengidap penyakit keturunan dari nenek dan orang tua mereka. Penyakit yang menyerang Hayley (30) dan Lachlan (28) Webb ini hanya dimiliki oleh kurang dari satu dari 10 juta orang di dunia ini.

Penyakit tersebut adalah Fatal Familial Insomnia (FFI).

Kakak Beradik Ini Mewarisi Insomnia Akut yang Bisa Membunuh Mereka Kapan SajaSumber Gambar: lazypens.com

Seperti dilansir dailymail.co.uk, FFI merupakan tahap terparah dalam insomnia atau sulit tidur, insomnia jenis ini membuat seseorang tidak bisa tidur sama sekali. Hal tersebut akan membuat kerusakan pada otak yang juga menyebabkan gangguan fisik dan mental. Gangguan tersebut akan muncul terus menerus, membuat pengidapnya jadi ling lung, yang berakhir pada kematian.

Ibu dan nenek Hayley serta Lachlan juga meninggal akibat FFI. Hayley sendiri mengaku neneknya adalah pengidap pertama. Nenek mereka mulai kesakitan dan berhalusinasi, lalu tidak lama kemudian meninggal.

Kakak Beradik Ini Mewarisi Insomnia Akut yang Bisa Membunuh Mereka Kapan SajaSumber Gambar: dailymail.co.uk

Ibunya juga mengalami hal serupa 2011 silam ketika mulai berhalusinasi dan sering marah-marah. Beberapa hari setelah itu ibu mereka meninggal.

Baca Juga: Bikin Sedih Tapi Memang 23 Penderitaan Ini Dialami Mereka yang Sering Insomnia

Hayley dan Lachlan mencari alternatif penyembuhan.

Kakak Beradik Ini Mewarisi Insomnia Akut yang Bisa Membunuh Mereka Kapan SajaSumber Gambar: goldcoastbulletin.com

Keduanya memang masih belum mengalaminya, tapi mereka mulai khawatir dan mencari cara untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang sisi thalamus (bagian otak yang mengatur dan mengoordinasi pergerakan dan respons tubuh) dari otak manusia itu. Mereka pun menjadi kunci awal para peneliti di Universitas California untuk mencari jalan keluar dari masalah ini.

Seperti apa tanda-tanda pengidap FFI?

Kakak Beradik Ini Mewarisi Insomnia Akut yang Bisa Membunuh Mereka Kapan SajaSumber Gambar: algerienturc.com

Berkaca pada apa yang terjadi dengan keluarga Webb, IDNtimes bisa memberikan sedikit tips untukmu agar tahu bagaimana tanda-tanda seseorang mengidap FFI. Pertama, tentunya adalah insomnia berlebihan yang membuat seseorang bisa tidak tidur dalam beberapa hari. Kemudian, akibat kurang tidur, sistem kerja otak seseorang mulai aneh yang menyebabkan mereka berhalusinasi.

Kakak Beradik Ini Mewarisi Insomnia Akut yang Bisa Membunuh Mereka Kapan SajaSumber Gambar: dailymail.co.uk

Selain halusinasi, emosi seseorang yang mengidap FFI juga tidak bisa terkontrol. Lalu, bila pengidapnya adalah orang yang berusia di atas 50 tahun juga akan mengganggu fisik mereka lebih besar, seperti kesulitan bicara sampai menggerakkan anggota tubuh.

Hayley dan Lachlan menyebutnya sebagai 'kutukan tidur' yang tidak bisa mereka hindari. Mereka hanya tidak mau menunggu sampai penyakit tersebut menyerang mereka dan membunuh mereka.

Baca Juga: Insomnia? Atasi dengan 12 Tips Manjur Ini agar Tidurmu Makin Nyenyak

Topik:

Berita Terkini Lainnya