Pencak Silat Ingin Dijadikan Salah Satu Lomba di Olimpiade!

Semoga terwujud..

Sekarang, kita banyak menyaksikan film dengan perkelahian menggunakan mesin serta senjata. Bukan hanya di film, cabang olahraga pun biasa menggunakan senjata seperti anggar. Bagaimana ya jadinya kalau cabang olahraga tarung ini tidak menggunakan senjata?

Nampaknya hal tersebut akan terjadi dalam Asian Games 2018 nanti saat cabang olahraga Pencak Silat akhirnya diperkenalkan dalam lingkup Benua Asia. Ya, pencak silat asal Indonesia. Seperti dikutip dari Bangkokpost.com, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pencak Silat Indonesia, Erizal Chaniago menyebut kalau Asian Games akan jadi perkenalan pertama salah satu kebudayaan nasional Indonesia.

Pencak Silat Ingin Dijadikan Salah Satu Lomba di Olimpiade!Fenny Selly/ANTARA FOTO

Pertarungan tanpa senjata yang mengandalkan kecekatan dan kekuatan seluruh badan manusia ini akan dikenal banyak orang. Sebelumnya, pencak silat telah dilombakan dalam lingkup Asia Tenggara atau SEA Games. Pada 2018 nanti, Asian Games sendiri akan dilaksanakan di Indonesia.

Erizal pun mengaku sangat bangga pencak silat dapat masuk lingkup Benua Asia.

Keunikan pencak silat dibanding olahraga lain.

Pencak Silat Ingin Dijadikan Salah Satu Lomba di Olimpiade!Agung Bebeng/ANTARA FOTO

Erizal menyebut kalau pencak silat berbeda dari kebudayaan atau cabang tarung lainnya. Erizal menambahkan bahwa pencak silat telah menjadi darah daging Indonesia. Pencak silat juga bukan hanya soal tubuh, tapi juga sisi spiritual sang petarung.

Pencak silat pun disebut sebagai seni dan kebudayaan Indonesia. Nah, hal ini yang dianggap tidak ada dalam cabang olahraga di negara lainnya. Erizal melanjutkan, pencak silat sendiri telah memiliki 800 bentuk gerakan serta gaya. Namun, pencak silat itu berkaitan dengan bagaimana kita melindungi diri, bukan menyerang.

Baca Juga: Jawara UFC Ingin Lawan Floyd Mayweather di Ring Tinju!

Pencak Silat Ingin Dijadikan Salah Satu Lomba di Olimpiade!Agung Bebeng/ANTARA FOTO

Gerakan sang petarung harus layaknya aliran air, lancar dan tidak patah-patah. Erizal bahkan menyebut kalau pencak silat tidak seperti bertarung lebih menari dan membuktikan kemampuan satu sama lain. Salah satu jurus atau gerakkan paling terkenal adalah cakar macan. Jurus ini berasal dari Sumatera Barat.

Langkah awal di Asian Games 2018 ini membuat Erizal yakin pencak silat akan menarik perhatian banyak orang. Maka dari itu, perjuangan untuk membawa pencak silat ke kancah internasional terus dilanjutkan.

Pencak silat ingin dijadikan cabang olahraga Olimpiade.

Pencak Silat Ingin Dijadikan Salah Satu Lomba di Olimpiade!Yulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO

Diberitakan Liputan6.com, pencak silat sudah dibawa ke sebuah lomba internasional. Akhir tahun 2016 ini bahkan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) akan menggelar Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Bali. Sudah ada 32 negara telah mengonfirmasi untuk hadir dalam ajang ini. Memang belum banyak, tapi membuktikan pencak silat sudah punya nama.

Nah, Erizal ingin seni bela diri kita ini semakin terkenal dengan mengharapkan dapat dibawa ke Olimpiade. Ya, ajang olahraga terbesar di dunia yang diikuti berbagai negara. Diharapkan para komite Olimpiade dapat menyadari keunikan pencak silat.

Nah, jika mampu masuk sampai Olimpiade, maka pencak silat bisa saja diakui oleh UNESCO sebagai kebudayaan nasional Indonesia suatu saat nanti. Dalam Asian Games 2018 mendatang, pencak silat akan dijadikan sebagai lomba tarung tradisional para atlet. Semoga pencak silat dapat jadi cabang lomba di Olimpiade dan semakin terkenal! Keren!

Baca Juga: Transformasi Eks Kiper Timnas Jerman Hingga Menjadi Pegulat WWE

Topik:

Berita Terkini Lainnya