Kita Semua Ngiler Lihat Ponsel yang Bisa Dibongkar-Pasang Kayak Lego Ini!

Kamera jelek? Tinggal ganti kameranya, gak perlu beli hape baru

Pernah dengan Project Ara? Atau tahu apa itu modular phone? Google telah berhasil mewujudkan ponsel berbentuk dan fungsi baru bagi masyarakat. Melalui Project Ara, perusahaan teknologi tersebut berhasil menciptakan ponsel modular. Ponsel jenis ini memungkinkan pengguna smartphone untuk mengganti perangkat keras, seperti kamera, speaker, bahkan fungsi ponselnya sendiri.

Pengguna tinggal memiliki bagian dari perangkat yang bisa diganti. Ponsel tersebut pun disebut Google sebagai Ara. Ponsel modular ini akan mulai dijual ke publik 2017 mendatang.

Dianggap akan memenuhi impian masyarakat.

Kita Semua Ngiler Lihat Ponsel yang Bisa Dibongkar-Pasang Kayak Lego Ini!dudeiwantthat.com

Pengguna ponsel pintar saat ini diyakini selalu ingin memiliki satu ponsel yang dapat memiliki kemampuan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan. Ponsel Ara diperkenalkan untuk tujuan tersebut. Penggunanya akan bisa mengganti perangkat keras ponsel sesuai kemauan. Jika pengguna inginkan speaker yang lebih baik, maka perangkat bisa dilepas dan slot yang kosong dapat diisi dengan speaker yang baru.

Begitu pula ketika pengguna ponsel yang suka foto-foto, dapat mengganti kamera yang sudah ada dengan kamera lainnya yang lebih baik. Untuk lebih lengkapnya, saksikan video di bawah ini.

Baca Juga: Menkominfo Himbau Produsen Gadget Bikin Ponsel 4G Seharga Rp 600.000

Proyek ini berjalan tiga tahun.

Kita Semua Ngiler Lihat Ponsel yang Bisa Dibongkar-Pasang Kayak Lego Ini!cnet.com

Awalnya, Google memprediksi bahwa Ara dapat mulai dijual mulai 2015, tapi, seperti dilansir CNet proses pembuatan yang mengalami kegagalan membuat peluncurannya ditunda. Mei 2016 ini, Google secara resmi telah menyelesaikan perangkat tersebut dan diperkenalkan pada publik.

Kepala teknisi Proyek Ara, Rafa Camargo mengatakan bahwa dirinya tidak ingin memberikan ponsel yang dapat 'dibuat' oleh masyarakat. Sesuai dengan riset yang dilakukan timnya, masyarakat lebih senang diberi perangkat yang sudah jadi, tapi hanya ingin perangkat tersebut memiliki kemampuan yang lebih baik.

Maka, Ara diperkenalkan agar masyarakat dapat mengganti dan mencapuraduk sendiri penggunaan perangkat tambahan dalam ponselnya.

Apa saja yang akan didapat saat pertama membeli Ara?

Kita Semua Ngiler Lihat Ponsel yang Bisa Dibongkar-Pasang Kayak Lego Ini!cnet.com

Camargo melanjutkan, Google akan mengerjakan seluruh ponsel ini sendiri, tanpa dukungan perangkat dari perusahaan lain seperti Nexus. Kemudian, Camargo menambahkan kalau untuk pembelian pertama, Ara akan langsung dilengkapi dengan kamera, speaker, layar E-Ink, serta memory yang besar untuk menampung sistem module.

Kemudian, perangkat lainnya akan dapat dibeli terpisah. Camargo mengatakan, Google tak ingin membuat masyarakat hanya tergantung pada satu hal, ketika mereka bisa berbuat banyak hal dengan ponselnya. Melalui Ara, bagian belakang ponsel yang selama ini biasa-biasa saja akan memiliki slot.

Ponsel ini diperkirakan akan dibanderol dengan harga 14 juta rupiah. Setiap perangkat tambahannya seharga 50 sampai 100 Dollar (700.000 - 1.358.000 rupiah).

Baca Juga: Samsung Galaxy S7 dan iPhone 6s Dibekukan Selama 10 Jam, Siapa yang Menang?

Topik:

Berita Terkini Lainnya