Masa Depan Telah Tiba? Teknologi Baju Robot yang Membuat Orang Lumpuh Berjalan Lagi!

Luar biasa!

Dalam film-film yang bertemakan masa depan, banyak dibahas tentang perkembangan teknologi. Salah satunya adalah robot-robot yang mejadi pendamping manusia. Bukan hanya itu, manusia juga bisa menyatu dengan robot, benar kan? Nah, masa depan itu tampaknya sudah di depan mata. Seperti dikutip dari Huffingtonpost, teknologi pakaian robot yang dapat dikontrol oleh pengguna melalui otak sedang dalam tahap penyelesaian.

Sebanyak delapan pasien yang mengalami kelumpuhan jadi orang yang dibantu oleh penelitian dari Universitas Durham, Karolina Utara, Amerika Serikat. Dr. Miguel Nicolelis of Duke mengatakan kalau teknologi yang dirancang selama beberapa tahun ini adalah batu loncatan bagi masa depan kita semua.

Para pasien sebelumnya dilatih untuk menggunakan pakaian robot.

Masa Depan Telah Tiba? Teknologi Baju Robot yang Membuat Orang Lumpuh Berjalan Lagi!youtube.com/channel/UCF-1I8ohzauNj545a_F8grw

Selama 12 bulan di pusat latihan yang juga lab yang dipimpin oleh dokter Miguel sendiri, para pasien pun disiapkan untuk menggunakan pakaian robot ini. Selama proses latihan, beberapa pasien mengaku merasa perubahan dan sensasi yang unik pada bagian tulang belakang. Selain itu, otot mereka pun merespon terapi dari pakaian tersebut.

Dokter Miguel mengatakan kalau orang-orang selama ini meragukan kemampuan mereka. Namun, 2016 ini menjadi pengembangan terbesar teknologi mereka. Masalah pada tulang belakang pasien yang lumpuh pun telah berhasil dipelajari dan teknologi akan dapat menopang tubuh mereka.

Masa Depan Telah Tiba? Teknologi Baju Robot yang Membuat Orang Lumpuh Berjalan Lagi!youtube.com/channel/UCF-1I8ohzauNj545a_F8grw

Proyek yang diberi nama Walk Again ini pun membuat pakaian robot yang terdiri dari kerangka tulang dan akan dipasang di sepanjang badan pasien. Selain itu, akan dipasang alat pada kepala pasien untuk menerima dan memroses perintah ke sensor di pakaian robot. Penasaran dengan pakaian tersebut?

Pekan lalu, sebuah video diunggah ke YouTube oleh akun NPG Press berhasil menunjukkan perkembangan dari teknologi ini.

Baca Juga: Pepper, Robot Canggih yang Memiliki Hati

Video kedua menunjukkan bagaimana pasien mulai mencoba pakaian robot tersebut.

Luar biasa ya?

Pakaian robot ini masih akan dikembangkan, tapi telah jadi acuan yang sangat baik.

Masa Depan Telah Tiba? Teknologi Baju Robot yang Membuat Orang Lumpuh Berjalan Lagi!youtube.com/channel/UCF-1I8ohzauNj545a_F8grw

Seorang peneliti dari Pusat FES Cleveland yang juga asisten profesor Sekolah Farmasi Clinic's Lerner, Ela Plow mengatakan kalau apa yang dibuktikan tim dokter Miguel adalah penemuan besar. Namun, yang jadi sorotan Ela adalah bagaimana pihak Walk Again memupuk kesabaran dari para pasien.

Menurut Ela, kemampuan tim Walk Again untuk memberikan keyakinan pada para pasien untuk mengikuti proses pelatihan yang juga langkah penyembuhan kelumpuhan mereka. Memang, Ela menambahkan kalau penggunaan Realitas Virtual (Virtual Reality) dalam proses pelatihan juga menjadi tolak ukur baru dalam dunia medis.

Namun, yang terpenting, menurut Ela adalah teknologi pakaian robot ini memberikan ruang terbuka bagi para ilmuwan dan dunia medis. Teknologi ini akan jadi acuan dalam pengobatan.

Bagaimana menurutmu? Keren kan?

Baca Juga: 7 Teknologi Masa Depan yang Siap Buat Kita Tercengang

Topik:

Berita Terkini Lainnya