Benarkah Hari Ini Ulang Tahun 'Mbah' Google?

Wah, selamat ulang tahun ya!

Pemandangan unik dibuat oleh Google sendiri melalui animasi doodle mereka. Ya, pada 27 September 2016 ini, Google membuat doodle terkait perayaan ulang tahun. Ulang tahun siapa? Ternyata milik Google sendiri. Namun, apakah Google benar-benar ulang tahun hari ini?

Seperti dikutip dari Independent, tidak ada yang mengetahui kapan ulang tahun raksasa internet ini. Bahkan, sang Google sendiri tampaknya bimbang dalam merayakan hari jadinya. Dari tahun-tahun sebelumnya, Google merayakan ulang tahun ditanggal yang berbeda. Selain itu, spekulasi terhadap perayaannya pun berbeda-beda.

Benarkah Hari Ini Ulang Tahun 'Mbah' Google?fortune.com

Domain Google.com sendiri pertama kali teregistrasi pada 15 September 1997. Akan tetapi, jika benar-benar merayakan tanggal registrasi ini, harusnya Google berusia 19 tahun. Meski begitu, dalam Doodle kali ini, Google merayakan ulang tahun ke-18.

Google dan tanggal ulang tahun yang berganti-ganti.

Benarkah Hari Ini Ulang Tahun 'Mbah' Google?google.com

Nah, apabila dikatakan Google merayakan ulang tahun ke-18, maka bisa dikaitkan dengan investasi pertama yang masuk ke perusahaan. 100.000 Dollar Amerika masuk kas Google pada Agustus 1998. Pada 4 September 1998, Google pun menjadi sebuah perusahaan utuh dengan gedung dan akun bank atas nama mereka sendiri.

September menjadi bulan yang 'mewah' bagi Google karena banyak hal luar biasa yang terjadi. Pada bulan kesembilan ini juga mereka memulai pekerjaan di garasi, memiliki pegawai pertama mereka sampai meraih angka-angka fantastis.

Baca Juga: Kamu yang Anak Kuliahan Pasti Bersyukur dengan 11 Trik Browsing di Google Ini!

Benarkah Hari Ini Ulang Tahun 'Mbah' Google?Mark Blinch/Corbis via fastcompany.com

Dari situlah bulan September jadi trademark Google sendiri. Dari tahun ke tahun bulan September jadi waktu perayaan bagi mereka. Tanggal tujuh, delapan, 26 dan 27 September jadi empat angka selebrasi mereka. Tahun ini, 27 September dipilih dan hal serupa juga terjadi pada 2004, 2006 sampai 2015 silam.

Namun, perayaan pertama mereka pada pada 2002 tepatnya 4 September, atau dengan kata lain tanggal mereka jadi sebuah perusahaan seutuhnya. Namun, setiap tahun doodle selalu dibuat dari tanggal ulang tahun yang berbeda.

Kebingungan Google untuk rayakan ulang tahun.

Benarkah Hari Ini Ulang Tahun 'Mbah' Google?cnet.com

Menurut situs resmi Google Doodle sendiri, animasi selebrasi ke-18 ini adalah karya Gerben Steenks. Ilustrator asal Jerman ini adalah salah satu pegawai Google. Melalui akun Facebooknya, Gerben nampaknya bukan pertama kali menggarap proyek Doodle. Doodle ini terpampang diseluruh dunia.

Akan tetapi, kebingungan benar-benar ditunjukkan Google. Pada 2013, seperti dikutip dari CNet, pihak Google mengaku bingung kapan merayakan ulang tahun mereka. Anggapan bahwa 'terlalu banyak yang harus dirayakan' nampaknya jadi moto Google sendiri.

Kapan pun ulang tahun Google, inovasi yang diberikan perusahaan internet ini sudah besar bagi dunia. Menjadi raksasa dunia maya tidaklah mudah, tapi ketangguhan Google sendiri berhasil membawa mereka kokoh 18 tahun. Nah, tiga tahun lagi mereka 'legal untuk minum alkohol'.

Baca Juga: Ponsel 'Lego' Google Resmi Dibatalkan, Ini yang Akan Kamu Lewatkan!

Topik:

Berita Terkini Lainnya