Inikah 11 Bumbu Spesial dalam Resep Rahasia Ayam Goreng KFC?

Waduh, sudah bukan rahasia lagi dong?

86 tahun Kentucky Fried Chicken (KFC) menyajikan ayam goreng dengan bumbu-bumbu yang tidak banyak orang ketahui. Colonel Sanders, sang penemu resep dan nama KFC sendiri pun meninggalkan inovasi luar biasa pada para penerusnya. Namun, awal pekan ini, internet bergemuruh usai secarik kertas yang bertuliskan kumpulan bumbu 'mencurigakan' dimuat dalam Chicago Tribune.

Ya, seperti dikutip dari Elite Daily, secarik kertas tersebut merupakan tangkapan kamera seorang jurnalis dari Chicago Tribune diduga adalah resep rahasia ayam goreng KFC. Ya, ayam goreng yang kita nikmati ketika berkunjung ke KFC. Resep rahasia yang nampaknya bukan rahasia lagi itu berisi tepat 11 rempah-rempah seperti di iklan-iklan.

Inikah 11 Bumbu Spesial dalam Resep Rahasia Ayam Goreng KFC?Chicago Tribune via elitedaily.com
  1. 2/3 sdt (sendok teh) garam
  2. 1/2 sdt thyme
  3. 1/2 sdt basil
  4. 1/3 sdt oregano
  5. Satu sdt garam celery (campuran garam dan bubuk biji seledri)
  6. Satu sdt lada hitam
  7. Satu sdt mustard kering
  8. Empat sdt bubuk paprika
  9. Dua sdt bubuk bawang putih
  10. Satu sdt bubuk jahe
  11. Tiga sdt lada putih

Dan semua bumbu itu dicampur dengan dua cup tepung putih. Yes, itu dia bumbunya! Namun, ternyata sang bumbu tidak sengaja dibocorkan oleh saudara Colonel Sanders sendiri.

Resep tersebut bukan lagi rahasia akibat sepupu Colonel Sanders.

Inikah 11 Bumbu Spesial dalam Resep Rahasia Ayam Goreng KFC?freerestaurantrecipes.com

Pria bernama Joe Ledington (67) yang merupakan sepupu Colonel Sanders melalui pernikahan bertemu dengan Jones, wartawan Chicago Tribune. Pertemuan itu awalnya menjadi ajang nostalgia Joe terkait masa kecilnya. Bahkan dirinya menunjukkan foto kebersamaan dengan Colonel Sanders.

Namun, di balik bingkai foto tersebut, ada yang aneh. Ada sebuah tulisan yang tidak biasa. Ya, itulah 11 rempah dan bumbu rahasia KFC yang kini nampaknya bukan lagi milik Colonel Sanders seorang. Meski begitu, Joe sendiri mengaku kalau daftar tersebut bukanlah dari tulisan tangan Colonel Sanders sendiri.

Joe digambarkan sebagai sosok yang sangat ramah di artikel Jones. Bahkan, Joe tidak sungkan-sungkan mengakui bahwa 11 bahan tersebut benar-benar resep rahasia KFC. Akan tetapi, pihak KFC pun langsung angkat bicara terkait kebenaran daftar tersebut.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Restoran Fast Food yang Mengejutkan

Resep ayam goreng KFC adalah salah satu bahan paling rahasia di dunia.

Inikah 11 Bumbu Spesial dalam Resep Rahasia Ayam Goreng KFC?hypebeast.com

Seperti diberitakan oleh Hartford Courant, pihak KFC tidak memberi jawaban pasti apakah catatan tersebut benarlah resep rahasia ayam goreng KFC. Juru bicara dari perusahaan yang menaungi KFC, Louisville-based Yum!, menyebut bahwa hanya ada beberapa pihak menerima dan tahu resep rahasia tersebut. Ketika dikonfirmasi adalah 11 bumbu tersebut adalah benar, juru bicara mengatakan perlindungan secara ketat dilakukan perusahaan untuk hargai Colonel Sanders.

Juru bicara tersebut menambahkan kalau resep ayam goreng KFC adalah salah satu bahan paling rahasia di dunia. Menurutnya, penjagaan ketat yang dilakukan berupa ruangan khusus untuk meletakkan resep original Colonel Sanders. Hanya beberapa orang yang punya akses dan untuk membukanya pun harus melalui beberapa tahap.

Inikah 11 Bumbu Spesial dalam Resep Rahasia Ayam Goreng KFC?afshan-shaik.blogspot.sg

Menurut juru bicara perusahaan penaung tersebut, terdapat dua vendor yang menyediakan bumbu-bumbu KFC. Kedua vendor tidak tahu secara lengkap apa bumbu-bumbu yang dibutuhkan oleh ayam goreng KFC. Namun, pada akhirnya, ada satu bumbu yang tidak pernah dipakai dalam ayam goreng KFC.

KFC terus menghormati bumbu yang diciptakan oleh Colonel Sanders. Namun, dalam resep utama itu, tidak pernah sekalipun KFC menggunakan bumbu berbahaya seperti MSG.

Nah, menurutmu apakah bumbu tersebut benar-benar dari KFC? Maukah kamu mencobanya?

Baca Juga: 18 Fobia Makanan yang Nggak Bakal Kamu Percayai, Tapi Ada!

Topik:

Berita Terkini Lainnya