Ini Daftar Ponsel yang Sudah Bisa Update OS Jadi Android Nougat!

Yang belum dapat jangan sedih ya...

Android 7.0 telah diperkenalkan ke publik sebagai Nougat. Android model terbaru ini telah diumumkan sejak awal bulan Juli kemarin. Melalui akun Twitter Android, @Android, Google menjelaskan bahwa spekulasi Android N sebagai Nutella, Nachos atau bahkan Noodles (dalam bahasa Indonesia berarti mie) adalah salah. Android Nougat pun dipublikasikan dan dijadwalkan untuk meluncur pada Agustus.

Jadwal tersebut tepat waktu dengan kedatangan Android Nougat sejak Senin (22/8). Seperti dikutip dari Wired, Android N akan menghadikan emoji baru, dengan kemampuan multitasking pada ponsel dan notifikasi yang lebih lengkap. Notifikasi pun tergantung pada jenis ponsel, pekerjaan, keperluan dan lokasi pengguna. Kemudian, akun @Android pun menyebutkan ponsel jenis apa saja yang dapat memasang Android terbaru itu.

Android Nougat baru dapat digunakan dalam ponsel Nexus.

Ini Daftar Ponsel yang Sudah Bisa Update OS Jadi Android Nougat!techradar.com

Dalam situs resmi Google, Nexus merupakan perangkat ponsel dan komputer yang diproduksi oleh Google. Nah, tidak heran kalau akhirnya Android memilih luncurkan sistem operasi ini di ponsel Google sendiri. Sebuah kicauan menyebut kalau Nexus 5X, 6, 6P, 9, dan tablet Pixel C. adalah lima perangkat yang langsung dapat meng-update sistem operasi mereka ke Android N.

Jenis ponsel lain dari Nexus juga sedang ditambahkan kompatibilitas dengan Android N ini. Namun, memang butuh waktu. Bukan hanya ponsel Nexus, dari produsen lain pun sudah diberikan kabar terkait diluncurkannya Android terbaru itu. Namun, memang butuh waktu yang lebih lama. Contoh saja Motorola dan LG yang diperkirakan baru dapat menggunakan Android N adalah pada bulan November 2016 atau Januari 2017.

Motorola diperkirakan menjadi ponsel jenis berikutnya usai Nexus adalah Motorola. Hal ini dikarenakan Motorola sendiri telah dilengkapi dengan Android Marsmallow. Seri Moto Z dan Moto G4 akan menjadi dua jenis yang paling berkesempatan menyicipi Nougat.

Sementara itu LG dikabarkan akan menjadi merek ponsel ketiga yang dapat Android Nougat. LG G5 akan jadi yang pertama. Setelah itu, HTC dan Android juga dikabarkan memiliki hubungan baik, maka tidak heran mereka juga akan didahulukan. Bagaimana dengan Samsung? Tidak ada kabar lebih lanjut terkait nasib Samsung terhadap update Android N.

Baca Juga: Kenalan Sama Android Nougat, Nama Baru untuk Android 7.0

Butuh 24 jam untuk update Android Marshmallow ke Nougat.

Ini Daftar Ponsel yang Sudah Bisa Update OS Jadi Android Nougat!youtube.com

Seperti diberitakan dalam situs Verge, pengguna Nexus yang telah disebutkan sebelumnya sudah dapat memperbarui sistem operasinya dengan memeriksa kompatibilitasnya di Android Beta Program. Melalui bagian tersebut, pengguna akan diminta untuk memasukkan akun Google dan langsung akan diperiksa apakah ponsel mampu menampung Android Nougat.

Usai diperiksa jika ponsel Nexusmu dapat diperbarui, maka kamu tinggal menekan Join Beta. Dari situ ponsel akan memperbarui sistem operasi dengan sendirinya. Diprediksikan butuh hampir 24 jam untuk benar-benar menyempurnakan update ke Android Nougat. Namun, dalam prosesnya, ponsel membutuhkan sambungan ke Wi-Fi atau koneksi yang lebih kencang.

Ini Daftar Ponsel yang Sudah Bisa Update OS Jadi Android Nougat!theverge.com

Ketika Android Nougat telah terpasang, maka hal pertama yang kamu lihat akanlah split-screen atau dua halaman dalam satu layar. Dengan menekan overview maka pengguna akan dapat mengatur tampilan ponselnya sesuka hati. Cara install ini juga berlaku untuk tablet Nexus yang terpilih. Nah, sebenarnya proses perbaruan ini sederhana, hanya butuh proses lebih lama dengan koneksi yang kuat.

Nah, kamu yang sudah menggunakan ponsel Nexus terpilih bisa segera memperbarui sistem operasi dan nikmati Android Nougat. Untuk yang bukan pengguna Nexus, yang sabar ya menunggunya!

Baca Juga: Guys, Ini Lho Cara Rahasia Supaya Bisa Membaca Pesan Chat Tanpa Ketahuan

Topik:

Berita Terkini Lainnya