Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk Hiu

Ada yang selamat, ada juga yang tidak beruntung

Senin (25/4) seorang peselancar asal Amerika, Ryan Boarman diserang hiu di pantai Tabanan, Bali. Seperti dilansir Jakarta Globe, Ryan diserang seekor hiu yang kemudian mengigit tangan kanannya. Pria yang menyelamatkan Ryan, Twiggy Van Ryan mengatakan, saat ditolong, lengan kanan Ryan sudah hilang dan segera membawanya ke rumah sakit.

Ancaman bagi peselancar bukanlah hanya ombak-ombak besar yang bisa menggulung badannya, tapi juga seekor hiu yang ganas. Maka, IDNtimes punya tujuh kisah peselancar yang diserang hiu.

1. Bethany Hamilton.

Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk HiuSumber Gambar: georgeherald.com

Kamu pecinta film akan lebih mengenalnya dengan sebutan Soul Surfer. Film tersebut adalah kisah nyata yang dialami oleh Bethany. Pada 2003, Bethany sedang berselancar di pantai Tunnels, Ha'ena, Hawai. Saat sedang bersantai di atas papan selancarnya, tiba-tiba dia diserang oleh seekor hiu.

Awalnya, Bethany merasa seperti ada yang menariknya tubuhnya dari sisi kiri, tapi tidak merasa kesakitan. Kemudian dia baru menyadari kalau air laut di sekitarnya telah berubah jadi merah dan tangan kirinya telah hilang. Namun, karier berselancarnya tidak berhenti di situ saja, akhirnya Bethany kembali ke perlombaan selancar pada 2005 dan memenanginya.

2. Elio Canestri

Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk HiuSumber Gambar: mirror.co.uk

Pada 2015, seorang peselancar muda Elio Canestri diserang hiu saat berselancar dengan teman-teman dan pelatihnya di pulau Reunion, Perancis. Elio yang masih berusia 13 tahun diserang seekor Bull Shark dengan ukuran lebih dari dua meter. Saat diserang, posisi Elio tidak jauh dari teman dan pelatihnya.

Namun, saat dibawa kembali ke pantai, Elio kehabisan darah dengan kondisi yang sudah mengenaskan. Dirinya meninggal sebelum sempat diselamatkan.

3. David Lilienfeld

Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk HiuSumber Gambar: nydailynews.com

Pada 2012, di pantai Caves, Afrika Selatan, salah satu program televisi 'mengundang' hiu untuk membuat acara mereka semakin menarik. Para kru televisi tersebut melemparkan daging-daging segar ke laut agar menarik perhatian hiu. Setelah syuting selesai, beberapa hari kemudian, David berselancar di lokasi tersebut.

Malang nasibnya, David malah diserang seekor hiu putih yang kemudian menariknya ke dalam laut. Ayah dan saudara David yang menyaksikan hal tersebut tidak bisa berbuat apa-apa, terutama pihak kepolisian dan rumah sakit yang datang terlambat. Beberapa menit kemudian, tubuh David muncul di permukaan dengan keadaan yang sudah mengenaskan.

4. Lisa Mondy

Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk HiuSumber Gambar: thesun.co.uk

Berselancar di kepulauan New South Wales, Australia, pada 2011, Lisa tidak menduga akan menjadi kengerian yang tak pernah dilupakan. Dirinya sedang berselancar dengan santai bersama seorang teman, sampai tiba-tiba seekor hiu putih menyerangnya. Hiu tersebut menyerangnya dalam kecepatan tinggi.

Hiu menggigit wajah dan tangannya. Meski begitu, hiu tersebut meninggalkan Lisa begitu saja tanpa melanjutkan serangan. Lisa berhasil menyelamatkan diri sampai tepi pantai sebelum ditolong teman dan warga sekitar.

Baca Juga: Ke Bali Seminggu Hanya 1,5 Juta Rupiah? Bisa, Kok!

5. Todd Endris

Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk HiuSumber Gambar: theconversation.com

Pada 2007, Todd sedang bersantai di sebuah pantai di Monterey, Califronia. Dirinya sedang bersantai di atas papan selancar, saat tiba-tiba seekor hiu putih menyerangnya. Awalnya hiu tersebut mengigit papan dan badannya, sebelum papan tersebut dimuntahkan lagi. Kemudian, saat dimuntahkan, Todd berhasil berenang menuju tepi pantai.

Untungnya, lokasi penyerangan tidak jauh dari pantai tempat keluarga dan temannya sudah pasrah melihat dia diserang hiu. Todd selamat dan berhasil diberi pengobatan intensif.

6. Paul de Gelder

Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk HiuSumber Gambar: thenavydiver.com

Saat sedang bertugas sebagai tentara angkatan laut Australia, Paul diserang seekor hiu putih pada 2009. Paul sendiri bukan tanpa perlawanan, dirinya memukul hiu tersebut dengan tangan kirinya, sementara hiu sudah mengigit tangan kanannya. Tidak berhenti di situ, hiu putih itu juga mengigit kaki kanan Paul sampai putus.

Setelah perlawanan Paul yang tidak henti, hiu putih itu meninggalkannya. Paul sendiri akhirnya pasrah mengambang di permukaan laut. Bantuan datang beberapa saat kemudian dan berhasil membawanya ke rumah sakit sebelum kehabisan darah.

7. Ian Redmond

Selain Serangan Hiu di Bali, Ini 7 Kisah Peselancar yang Juga Diamuk HiuSumber Gambar: dailymail.co.uk

Bersama sang istri Gemma, Ian sedang bulan madu di pantai Saychelles, Afrika Timur, pada 2011. Ian saat itu sedang berenang, sementara sang istri bersantai di pantai sambil memerhatikan suaminya. Tiba-tiba Ian seperti tertarik ke dalam air dan darah mulai memenuhi sekitar lokasi dia berenang.

Hiu tersebut merobek tangan dan kedua kakinya. Sementara Gemma hanya pasrah melihat sang suami diserang oleh hiu tersebut. Pihak dokter yang sampai di lokasi pun tidak bisa menyelamatkan Ian.

Pada akhirnya, hiu mencari makanan di habitatnya. Berhati-hati adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan.

Baca Juga: Hiu Terseram di Dunia yang Bikin Kacau Liburanmu

Topik:

Berita Terkini Lainnya